Tips menjaga kesehatan tubuh ketika puasa

Ramadhan adalah waktu dimana fisik merasa lemah dan waktu terasa lama, kondisi penyesuaian tubuh kadang membuat ruang gerak kita semakin terbatas terutama ketika siang hari terik sehingga perlu adanya kesadaran untuk peka terhadap kondisi fisik kala ramadhan. Nah adapun yang paling penting untuk kita perhatikan ialah " imun yg rentan" hati- hati dan peduli kondisi tubuh selama ramadhan terutama untuk orang-orang yang imunnya lemah. Sehingga lahirlah artikel ini. Berikut tips menjaga kondisi tubuh selama ramadhan.
• Kontrol makanan yang masuk ke tubuh.
    Ketika puasa tubuh menjadi kurang asupan sehingga kondisi ketika sahur harus dibarengi dengan makanan yang seimbang, jadi Pastikan untuk makan sahur dengan makanan yang seimbang dan bergizi, seperti yang karbohidrat serat, vitamin dan protein juga, agar energi dapat bertahan sepanjang hari. percaya atau tidak ada banyak di luar sana yang sahur ternyata hanya makan mie, bukan karena status anak kos yang kurang budget tapi karena tidak suka daging atau alasan lainnya sebagai contoh langsung adik saya sendiri dia memilih makan mie dengan nasi beberapa hari kemarin dengan dalih gak suka daging dan tebak kemarin dia sakit sampai harus batal puasa, padahal terlihat sepele tapi ternyata berefek besar ya.. yaps dia harus mengganti puasa. 

Minum Air yang Cukup: 
          Pastikan ketika sahur minum cukup air bukan banyak air, karena bisa menyebabkan efek sering ke kamar mandi jikalau kenyang air. kasus lain ialah Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi karena mereka dapat menyebabkan dehidrasi. satu lagi partika juga untuk sebisa mungkin hindari teh ketika puasa walau ini adalah ikoniknya bulan puasa, karena ia bersifat menyerap zat besi sehingga bikin tidak ada tenaga baik setelah berbuka untuk shalat tarawih ataupun kasus kala sahur untuk menunjang aktifitas ketika berpuasanya.

• Melakukan olahraga Ringan: 
      Meskipun mungkin merasa kurang energi selama Ramadan, tapi tetaplah aktif dengan melakukan olahraga ringan seperti contoh jalan kaki jangan sampai mengadopsi ayat tidur "saja ibadah" karena bisa berefek kenyang tidur dan malamnya gk bisa tidur lagi, ini cukup fatal karena bisa membuat tugas menumpuk, dilain pihak sedikit berolah raga ringan bisa membantu menjaga kesehatan jantung hingga melancarkan sirkulasi darah. 

Manejemen stress.
          Percaya atau tidak nyatanya salah satu penyebab kambuhnya asam lambung ialah pengelolaan stres yang kacau stres menjadi salah satu faktor timbulnya asam lambung yang banyak tidak disadari oleh orang-orang itulah kenapa kita harus bisa mengendalikan mengontrol emosi ketika puasa untuk menghindari stres selain melawan hawa nafsu yang mana efeknya bisa lebih parah dari sekedar kumatnya asam lambung, seperti tensi darah naik, pusing, hingga merusak mood seharian.

. Rawat kulit 
        Umumnya ketika puasa beberapa orang hanya memperhatikan kondisi tubuh secara garis kasarnya namun menyepelekan kondisi kulitnya seperti contoh bibir yang pecah-pecah karena kondisi puasa sehingga perlu menggunakan lipsbalm berulang kali di setiap harinya, atau kasus lainnya kulit yang mulai terabaikan berefek jadi kering. ketika kondisi puasa beberapa orang tidak mendapat asupan gizi hingga vitamin yang cukup dan ini juga berimbas kepada kulit sehingga kita perlu memperhatikan sedetail itu, karena kondisi kulit yang kurang terlindungi akan menyebabkan kasus baru yang berefek ke tubuh
    Nah itulah tips-tips yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita semoga puasa kita lancar dan berkah ya, Aamiin ... Dan juga semoga nggak ada yang batal seperti kejadian adik saya.

No comments:

Post a Comment