Inilah jenis Asupan bergizi untuk Tubuh

August 31, 2018 1

   Makanan tidak sekedar berfungsi menghilangkan kenyang tetapi juga bertujuan memberi tenaga, mengganti bagian tubuh yang rusak hingga mengatur segala kegiatan yang terjadi dalam tubuh, intinya Makanan sangat penting untuk pertumbuhan kita.



    Oleh karena itu, kita harus sangat selektif memilah makananya, jangan sampai malah membawa bencana terhadap kesehatan. dan tentunya  kita harus mengetahui lebih rinci tentang makanan yang baik untuk tubuh. 

· Bahan untuk tenaga

     Hal ini berguna untuk memanaskan tubuh dan menibulkan tenaga sehingga bada dapat bergerak, dala hal ini tubuh kita diumpakan sebagai mobil, maka untuk menjalankan mobil diperlukan bahan tenaga yaitu mesin, begitu pun manusia agar dapat bergerak, berjala hinggga berlari juga dibutuhkan tenaga.
   Adapun makanan yang cukup mengandung sumber tenaga ialah, makanan yang mengandung Zat Hidrat arang dan Zat Lemak. Dan makanan yang banyak mengandung bahan sumebr tenaga ialah makanan yang mudah menimbulkan rasa kenuyang, yaitu seperti beras, cantel, tales, roti, jagung, hingga mie

Disamping itu makanan yang mengandung lemak, minyak yaitu seperti : kelapa, margarin, mentega,kacang tanah hingga kenari.

· Bahan untuk pembangunan

    Bahan pembangunan gunanya ialah untuk pertumbuhan badan dan untuk mengganti sel bagian badan yang rusak . Dalam hal ini tubuh kita, diumpakan layaknya rumah, untuk membangun rumah diisyaratkan bahan yang baik dan kuat seperti batu bata, semen, kayu, hingga genting, begitu pula manusia , agar dapat dibentuk tubuh yang kuat dan tinggi besar, diperlukan makanan yang cukup untuk pembangunan yaitu bahan yang mengandung protein dan Mineral.

Adapun protein banyak mengandung dari : 

1. Bahan makanan yang berasal dari ewan semisal ikanm susu, telur, hati, udang, leel
2. Bahan makanan dari tubmbuhan seperti tahu, tempe, kacang merah, kadang tanah, 


Dilain pihak, Bahan makanan yang banyak mengandung mineral ialah terbagi pada 2 :

1. Mineral zat kapur yang penting untuk pertumbuhan tulang dan banyak terdapat pada air susu sayuran hijau
2. Mineral zat besi penting untuk membantu pembentukan sel darah dan terdapat pada hati dan sayuran


· Bahan pelindung

      Bahan ini disebut juga bahan pengatur tubuh, yang mana berguna untuk melindungi dan mengatur jalannya alat yang ada didala, tubuh agar lancar jalannya. Yang selanjutnya agar tubuh tak mudah di hinggapi penyakit. Pada kondisi ini tubuh manusai diumpamakan seperti mesin

   Agar mesin tidak mudah rusak, berputar dan kecepatan tertentu tetap berjalan lancar maka dibutuhkan minyak gemuk atau oli, begitu pula untuk lancarnya bagian tubuh kita maka dibutuhkan minyak gemuk untuk mengaturya. Bahan ini disebut juga zat vit atau mineral Adapun makanya yang banyak mengandung vit adalah sayuran dan buahan. 

Untuk Vitamin terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu : 

. Vitamin A 
    Vitamin ini, berfungsi untuk menjaga kulit, kesehatan mata, pertumbumbuhan hingga mencegah infeksi. Maka jikalau kita kekurangan vitamin ini kita akan mengalami ganggua pada kulit, kerusakan mata(yang berawal dari merah mata, kering dan sakit).

       Sumber vitamin ini sendiri banyak teradapat pada , hati, ikan minyak kepala sawit, daun hijau, sayuran, wortel, mangga, dan pepaya

. Vitamn B complex 
         Vitamin yang penting termasuk Vitamin B complex diantaranya ialah /; Vitamin B1, Vit B1 Dan niacin. Hal ini karena ia berguna membantu pemecahan hidrat arang dalam tubuh, membantu pekerjaat syaraf, dan otot hingga jantung, dan menjaga kesehatan kuliat dan lidah

      Dampak jilkalau kta kekurangan Vitamin ini ialah, akan merasa tidak sehatm pertumbuhan terganggu, mengurangi nafsu makan, hingga menimbulkan gangguan pada syaraf. Vit ini bisa ditemuai di kacang hijau, kadang merah jagung beras dan kedele

Vit C 
        Vit C membantu pertumbuhan dan mempertahanakan tulang gigi jaringan, ia juga membatnu menjaga kesehaatna gigi hingga mampu mempertahankan tubuh terhadap infeksi. Apabila kekurang Vit ini, maka berdampak gusi berdarang, hingga sangat mudah sariawan yang parah. Untuk mendapatkan Vi ini kita bis sering menkonsumsi jambu biji, jeruk, magga pepaya, nanas, tomat, da sayur hijau 






Mengenal Filosofi Rumoh Aceh

August 28, 2018 0
Pka was coming... Masa mengenali budaya lebih rinci sudah menati.
             Well PKA adalah pekan kebudayaan Aceh, suatu pekan yang dilaksanaan lima tahun sekali dalam rangka mengenang sejarah, hingga memperkenalkan budaya yang mulai langka kepada masyarakt aceh sendiri. Tentunya sebagai pecinta hal unik yang berhubungan budaya dan alam saya tidak ingin melewatkan dengan datar acara yang cukup dinikmati hinnga dinanti ini .
           Untuk menulis post satu ini rasanya cukup gembira karena saya bisa menulis tanpa takut miskin kosakata, ada banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada blogger sekalian.  yaitu perihal budaya perdana yang baru saya ketahui. Seperti Contoh Rumoh Aceh. Dan karena itu untuk post ini saya ingin berbagai pengetahuan dan pengalaman saya menjajaki rumoh Aceh.


Ternyata Rumoh Aceh Itu berbeda beda dari setiap kabupaten lagi!

                Satu hal yang buat saya miskin sekali dengan sejarah, ternyata Rumoh Aceh tiap kabupaten itu beragam. secara umum ketika dilemparkan pertanyaa rumoh aceh kita pasti akan berkiblatkan pada rumoh aceh yang di museum, yaps saya pun berpikir itu saja. Dan ternyata antar kabupaten kita memiliki variasi lagi, dilain pihak saya kembali dibuat heran heran, karena antar kabuptaten cukup variasi, “ kok kayak mirip rumah adat padang ya? Atau apapun itu yang tidak mirip rumoh aceh umumnya, karena rumoh aceh khas nya mengunakan tameng tapi ketika menemukan yang tidak menggunakan tameng, dengan kata lain bukan Rumah Panggung maka saya menjadi tertarik untuk mengenal lebih. “ini udah di moderenisasi atau gimana ya?” Akhirnya ada  PR baru yang harus saya selesaikan.

Filosofi Rumoh Aceh
                Rumah Aceh bukan sekedar tempat hunian, tapi juga memiliki makna simbolik. Ia merupakan wujud ekspresi keyakinan terhadap tuhan dan adaptasi terhadap alam.  Hal ini cukup tergambar jelas dari motif  hiasan hingga Struktur  bentuknya.          
    
Ekspresi kayakinan terhadap Tuhan
                Pengaruh keyakinan masyarakat Aceh Terhadap Arsitektur bangunan dapat dilihat dari orientasi rumah yang berbentuk memanjang dari timur ke barat, yaitu pada bagian depan menghadap ke timur dan sisi dalam atau belakang yang sakral berada di barat. Arah barat mencerminkan upaya masyarakat Aceh untuk membnagun garis imajiner dengan kabbah yang berada di Mekkah. Selain itu pengaruh keyakinan adat juga dilihat dari tiang penyangga yang selalu berjumlah genap, dan anak tangga yag selalu berjumplah ganjil.
                Bagi Masyarakat Aceh, membangun rumah Bagaikan membangun kehidupan itu sendiri,  itulah mengapa pembangunan yang dilakukan haruslah memenuhi beberapa persyaratan yang memalui beberapa persyaratan yang dilakukan, semisalnya pengadaan kenduri, pengadaan kayu pilihan dll.
                Musyawarah dengan keulaurga, hingga meminta saran kepada teuku dan bergotong royong dalam proses pembangunan merupakan upaya untuk menumbuhkan dan rasa solidaritas antar sesama dan penghormatan kepada adat yang berlaku. Dengan kerjasama, permasalahn dapat diatadi dan harmoni sosial tetap tersipta dan terus terjaga. Dan juga dengan mendapatkan petuah dari teuku, Rumah yang dibangun diharapkan dapat memberikan keamanan secara jasmani dan ketentraman secara rohani.  

Adaptasi terhadap Alam
                Adapun adaptasi masyarakat aceh terhadap lingkungan bisa dilihat dari stuktur  bangunan, yang terdiri dari berbagai ruang membentuk dan fungsi tertentu, bisa dilihat dari bentuk rumoh Aceh yang berbentuk panggung, tiang penyanggan yang terbuat dari kayu pilihan hingga atap dari rumbia. Bentuk dan fungsi ini mengandung nilai yang menjadi acuan perilaku masyarakat Aceh.                        

           Dilain pihak, tata ruang rumah yang beragam jeni fungsinya merupakan, sebuah bentuk simbolik agar semua masyarakt taat pada aturan, sebagai contoh nya ialah sturktur rumah yang berbentuk panggung membuat pandangan tida terhalang, dan memudahkan sesama warga untuk saling menjaga rumah serta ketertipan gampong. Sehingga semua mempunyai tujuan yang cukup spesifik dari sekedar tempat hunian saja.

              Dan menariknya pemanfaatan alam juga dapat dilihat ketika hendak menggabungkan bagian rumah yang tidak menggunakan paku tetapi menggunakan pasak atau tali pengikat dari rotan, walaupun hanya bermodalkan kayu dan beratapkan rumbia ternyata Rumoh Aceh bisa bertahan hingga 200 tahun. Dan termasuk kategori paling kokoh. Wow saya pribadi baru tahu hehe.

Motif Hiasan 

                Motif ukiran-ukiran yang terdapat didinding rumah umumnya diambil dari ayat ayat al quran, ada juga motif yang berbentuk daun, akar, ataupun bunga. Motif fauna yang biasanya digunakan adalah binatang- binatang yang sering disukai.  Motif alam seperti langit dan awan, langit, bulan bintang hingga laut.
kalau motif ini tanpa perlu dikasih tahu dari kabupaten mana, pasti mudah ketebak untuk orang acehnya
      Selain sebagai manifestasi dari keyakinan masyarakat terhadap Tuhan dan adaptasi terhadap lingkungannya, keberadaanya Rumoh Aceh untuk menunjukan status sosial penghuninya, Nah Bagi keluarga yang kaya maka akan semakin banyak motif sedangkan yang sederhana, maka mempunyai tulisan yang relatif sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Hmm

     Dizaman milenial ini, untuk  Rumoh Aceh sangat sudah terbilang jarang. Secara pribadi orang berlomba lomba membangun Rumah gedung, dan meninggalkan Rumah khas sendiri yang terpajang indah museum. Sungguh disayangkan walaupun rumah saya juga bukan begitu, hehe, Tapi saya berharap kelak bisa membangun Rumah yang masih bernuansa Khas Aceh walau tidak berpatokan sekali dengan yg dulu, karena kemarin saya menemukan Rumah yang cukup Unik, yang mana merupakan gabungan Rumah Aceh yang di permak sedikit dengan polesan yang cukup menarik, semisal tambahan untuk bagian bawah sehingga menjadi rumah dua lantai, tapi masih dengan khas aceh.  

Rumoh khas gayo

Dilain Hal Rumoh Aceh yang telah saya bahas merupakan Rumoh Aceh secara garis Umum, karena untuk Rumoh Aceh secara Khas perkabupaten tidak bisa saya masuki, karena faktor terlalu berdesakan. Saya hanya memilih yang paling dekat dengan mudah dimasukin, dan berakhir hanya bisa mendokumentasikan dari luar hehe. Tapi hal ini tidak membuat saya berhenti untuk mencari tahu lagi, karena sejujurnya sejujurnya saya penggagum Alam dan Budaya, jadi masih banyak yang harus saya search secara lebih terperinci ,terutama tentang Filosofi Rumoh aceh perkabupaten dan kenapa ada yg tidak berbentuk Rumah panggung, Hmm mungkin netizen bisa bantu saya menjawabnya?
Rumoh Aceh khas Sabang
Rumoh khas Aceh tamiang
               
               



Monster Truck : Makhluk Lucu dengan hobi mengendarai truck

August 20, 2018 0


Welcome back on my blog. Baiklah Hari ini saya ingin mencoba mereview sebuah film genre yang ramah untuk setiap orang, yups film dengan genre keluarga dan sangat cocok untuk dihabiskan kala berkumpul dimalam minggu  ( Hmm, Entah kenapa cocoknya malam minggu :v). Well begitulah saya. Semoga cocok untuk kalian juga sebagaimana saya menyukainya.

            Film ini diperankan oleh Lucas Till sebagai Anak SMA yang bernama Tripp.   Rilis 2016 dan mulai tayang di bioskop indonesia 2017. Adapun durasi filmnya yaitu 1:45 menit. Jenis film termasuk film keluarga yang saya rekomendasikan, karena mengajarkan banyak nilai positif, seperti halnya saling menolong hingga peka terhadap lingkungan.

Sinopsis : ceritanya berkisah tentang perjuangan seorang laki-laki (Tripp )yang mencoba menyelamatkan sebuah spesies baru yang tidak sengaja ditemukannya di bengkelnya. Niat ingin melaporkan penemuan tersebut berubah setelah melihat bentuknya yang ternyata tidak berbayaha hingga cukup mengemaskan (Comel sangat hehe) 

Dilain pihak binatang ini  mudah bergaul dengan manusia, Namun sayangnyad binatang ini ingin dimusnahkan karena dianggap mengganggu proyek pertambangan minyak, Hal ini disebabkan faktor tempat tinggal dia (makhluk tersebut) yang berada dalam pusat kedalaman minyak dan juga binatang ini mengkonsumsi minyak bumi sebagai sumber energinya sehingga dianggap penggangu.  Binatang ini juga sangat cerdas untuk beradaptasi dengan sesuatu yang baru, dan tergolong binatang jenius. Ia bisa dengan mudah menirukan sesuatu yang baru dilihatnya. Kala itu ia melihat truck yang melompat dalam sebuah acara di Tv Sehingga ia tertarik dengan Mobil, mulanya ia hanya sekedar mendorong mobil yang mati karena ukurannya yang besar layaknya seorang anak yang bemain papan seluncur bedanya moster ini masuk kedalam mesin mobil, Hingga tanpa sadar ia merasa nyaman dengan truck tersebut dan selalu berada dalam truck sembari mendorong. (Alasan inilah dinamakan moster Trucks) Dan yang cukup menarik Film ini menunjukan bahwa binatang pun punya empaty, monster ini terlihat cerdas, dan juga menunjukan seakan ia manusia yang merasa sedih hingga sakit ketika anaknya hilang. Saat menontonya saya melihat betapa manusia makhluk egois, ya walau saya manusia heh, kebiasaan atas  kepetingan sendiri mampu merubah persepsi orang. sekalipun merugikan pihak lain, Uh Btw ini adalah moster yang paling lucu dan gemesin yang pernah saya temukan, kalaupun benar ada nyata ini moster saya rasa kucing saya akan kalah gemesnya hehe. 

#ReviewMovie #MonsterTruck #review

Kumpulan kutipan dari para tokoh dunia

August 17, 2018 0

Salam & Welcome back on my blog.          
                Pertama kali ucapan penuh kebanggaan untuk kemerdekaan yang kita rasakan genap 73 tahun dihari ini, selamat ulang tahun negeri ku, selamat merdeka. Semoga segala bentuk penjajahan secara langsung dan tak langsung benar-benar hilang dari kita, dan  juga ucapan yang sama kepada negara gingseng yang baru ultah juga dua hari yang lalu ternyata umurnya sebaya dengan indonesia hehe.Hbd korea kapan traktirnya. Eh.   
                Well berhubung hari ini hari jumat, dan waktu terbatas akhirnya karnaval dipindahkan pada hari besok didaerah saya(entah ditempat lain gimana),  Dan jadinya hari ini masih belum terlihat meriahnya nuasana Hut RI ditempat saya. Tapi yang pasti rasa bangga dan hormat terhadap darah pejuang yang mengalir untuk  melahirkan negara ini sangat saya hormati dan banggakan, karena saya melihat kala banyaknya kemeriahan tapi kurangnya Renungan. Ya sejenis tertawa gembira tapi kurang bisa menyikapi sejenis permainan kala 17 an selayaknya makan kerupuk, yang ternyata salah satu bentuk perlakuan hiburan para penjajah dengan menggunakan bangsa indonesia sebagai ajang atraksinya. Dan lebih jelas bisa dibaca di post saa tahun lalu.yang berjudul mencicipi kemerdekaan hari ini
                Mungkin mukkadimaahnya terlalu panjang tapi yang pasti hari ini saya bergembira sekedarnya  dan dan merenung sebanyaknya (kurang lebih begitu.)hmm  Dan untuk saat ini, karena kebetulan Hut RI saya kembali ingin berbagi ucapan spirit untuk kita, agar lebih termotivasi untuk berbuat dan minimal bisa jadi caption Instgram lah lol.  Berikut ucapan dari para tokoh yang saya rangkum dalam sebuah post.

Orang yang paling buruk keadaan sering memberi nasihat yang paling bak (Bailey) 

Bepikir itu adalah pekerjaan yang paling berat dari antara segala macam pekerjaan. Itulah sebabnya sedikit sekali orang yang senang melakukannya (Henry Fuld )

Membaca menjadikan seorang yang berisi, berunding menjadikan diri siap menulis menjadikan dia seksama

 Jika anda ingin menjadi orang besar, janganlah suka beromong besar, kerjakan hal yang kecil dulu (Roosevelt)

Gagasan baik saja tak cukup, gagasan sederhana yang diwujudkan, dilaksanakan dan dikembangkan adalah 100% lebih baik daripada gagasan cemerlang yang mati karena tidak dilaksanakan (D.J Schuart)

Keinginan untuk menaklukan merupakan syarat utama untuk menang ( Marshal  Foch)

Tiap Sesuatu yang berharga, bagi kehidupan senantiasa meminta perjuangan (Thilak)

Kalau kebenarna menghalangi jalan anda berarti anda sedang berada dalam yangsalah (Josh Billings)

Orang yang tidak pernah berbuat kesalahan apa-apa juga tidak pernah berbuat -apa (Edward john Phelps)

Seharusnya sang pengembala melindungi domba dari ancaman serigala, namu betapa pula jika sang pengembala sendiri adalah serigalanya. (Syair arab)

Cintailah musuh musuhmu karena mereka menunjukan kesalahannmu(Benyamin Franklin)

Perkawinan merupakan undian dimana pria mempertaruhkan kebebasannya, sedangkan wanita kebihagiannya (Me de Rieux)

Terimalah perbedaan dan keterbatasan manusaia ingat bahwa orang lain mempunyai hak untuk berbeda dengan anda. Janganlah menjadi orang yang mengubah sifat orang lain (D.j Schwait)

Hidup berarti berjuang, hidup nikmat tanpa badai topan laksa laut yang mati ( Senecta)

Waspada Dan hati hati pada roda waktu yang berputar sebabjika terlena, anda akan digilasnya (Sena Subro)
Rasa bosan itu sebenarnya adalah benih untuk segala mancam kreativitas (Eric Hoffer)

Keliaru itu manusiawi tetapi bersikeras mempertahankan pendapat yang salah ialah seperti setan (S.t agustin)
Kata kata yang kasar dan tajam menunjukan lemahnya jalan pikiran (Viktor Hugo)

Kemakmuran menghasilkan banyak kawan, tetapi kemalngan mencobai mereka dapat bertahan sebagai kawan sejati (Franklin)

Kalau orang sakit, ia memikirkan jiwanya , kalau sehat kembali memikirkan hartanya (Mongolian)

Orang suka menfitnah mempunyaisetan di atas lidahnya dan orang yang dengan fitnah mempunyai setan diatas kepunyaanya (pepatah jerman)

Orang yang  bodoh akan selalu yain dan yang cerdik justru penuh keraguan (Betrand Rusell)

Temuilah orang yang sedang kesulitan , tapi tunggulah undangan sebelum berkunjung keorang makmur, (Tibet)

#HUTRI #Caption #quotes

Catatan pagi

August 14, 2018 0
 Challenge to me 
ok untuk kali ini saya ingin berbagi cerita tentang tantangan saya bulan ini yang berisikan tantangan 150 buku selama tahu 2018. berhubung tidak semua buku yang saya baca menarik jadinya saya post buku menarik sahaja hehe. nah untuk buku kedua saya ini adalah hadiah dari kakak saya, serius suka banget. banyak pelajaran yang dikemas dalam bentuk cerita yang membuat saya merasa jlep, karena memang faktanya cerita merupakan salah satu cara mendidik terbaik karena ia mengajar kita mengambil kesimpulan tanpa merasa digurui atau menggurui. untuk lebih tepatnya mari dismak paragraf selanjutnya hehe.

untuk buku ini berisi banyak cerita yang menjadi renungan dalam menyikapi persoalan dikehidupan sehari-hari. ada banyak cerita ringan yg mempunyai hikmah dengan pemaknaan yg cukup "Jlep" maksutnya kenak banget. Adapun salah satu nya ialah cerpen yang berjudul Raji:
RAJI. :
Izin cuti untuk bisa mudik akhirnya ku dapatkan, walau hanya semingga tentu kumanfaatkan semaksimal mungkin, hal ini menjadi alasan untuk ku mengunjungi teman lama kala bermain, Namanya Raji. Ssetelah kuputuskan untuk hijrah ke Jakarta, kudenganr ia juga merantau ke balikpapan katanya ia ikut proyekan, dan menrunt info kini ia sudah balik dan mengurus sapi sapi nya. aku tersenyum nyinyir sudah bisa ditebak lah pada akhirnya balik kekandang juga.
Akhirnya langkah kaki ku berhenti di depan rumahnya, Kuketuk pintuh rumah sembari mengucapkan salam, seorang wanita muncul dibelakanga pintu.
Lah Aryo, masuk Ariji didalam, ibu Sasmi mempersilahkan ku. kuperhatikan seksama, tidak banyak yang berubah setelah 15 tahun berlalu.
"Aryo? kapan datang, piye kabare? tiba tiab Raji keluar dari balik tirai kamar,
sabtu kemarin, kabar Apik, oya kudengar kamu mau jadi bapak ya?? selamat ya bakal jadi paman aku bentar lagi. hehe"
Layakanya sahabat lama, kami pun mulai berbagi kisah gelak dan haru kehidupan kami yang kami jalani. Raji masih tetap seperti raji yg kukenal dahulu, misteruis
Ya gini kegiatan aku yo, banyak nganggur-nya. kalau pagi setelah nyari rumput buat sapi ya tidur hehe. orang tak sekolah kayak aku mau kerja kantoran kayak kamu ya ndak bisa, bisanya kesawah. Katanya sembari menganti posisi kakinya.
"Ikut ujian persamaan saja, atau kuliah D3 Yang disesuaikan sama bidang mu, saranku,
" pengennya begitu, aku wes kadung males hehe.
memang selain iblis malas adalah musuh yang nyata batinku,
"kemarin katanya mau ngumpulin usaha dulu, jadi usah opo ?"
"Modalku habis untuk berobat mertua, mendengarnya aku hanya menganggut-manggut, sejujurnya aku agar terganggu dan mengeluhkan sikap raji yang sudah terkontaminasi oleh budaya "Nerimo" yang menurutku tidak pada tempatnya , hal ini membuat orang pesimis dan tidak mau berjuang untuk mengubah nasib.
Mencari modal selalu menjadi alasan untuk merantau dan pergi jauh dari keluarga, plus ndak mau ditanya sama keluarga kerja apa? tapi ujung ujungnya pulang rantau tak punya tabungan malah kawin dan tinggal sama mertua.
Dalam hati aku bersyukur meski kini aku hanya sebagai pegawai swasta tapi aku sudah punya posisi yang bagss ditempatku bekerja dan bisa mencicil tempat tinggal yang layak dan yang pasti tidak menyusahkan kedua orang tua,setidaknya aku tidak jadi penganguran dan ada aktivatas rutin.
Istrimu dimana?
Ngajar di Tk Al falah, semiggu lagi baru cuti.
Lah suami macam apa, istri bekerja malah suami nya yang molor dirumah. keterlaluan
" Sudah coba ajuin kredit usaha kecil dikoperasi? lumayan usahnya bisa bikin dipakai buat usaha bikin warung atau buka konter pulsa. usulku.
" Ndak yo, aku ndak mau membebani keluargaku sama utang khawatir ndak bisa bayar cicilan , hidup seadanya aja." katanya
Ini nih mental penjajah, hello hidup ini tidak cuma mikir makan dan minum saja, tapi juga kalian juga harus memikirkan hidup layak, tempat tinggal layak, pendidikan yang baik untuk anak dan jaminan kesehatan. Lama lama aku geram ngomong sama dia, akhirnya siap adzan aku pun pamit pulang
Sampai dirumah kutumpahakan semua uneg uneg kepada emak, walau kutahu buat apa jengkel dengan kehidupan orang lain.
"Dia memang petani, istirahat waktu bisanya, karena dia dari subuh sudah kesawah ngecek air dan ngantar ibu mertuanya ke pasar jualan sayur berlanjut antar istri dan baru berlanjut cari rumput untuk sapi,. emak sering berpapasan dengan dia, rajin betul dia, kalau belum magrib ndak pulang." emak mulai menceritakan rutinitas Raji.
"kemarin Abis kebanjiran dan banyak bangunan yang ambruk alhamdulilah berkat dia bisa berdiri lagi, sekolah mu dulu, dan itu sumbangan dia, atap hingga tiang,"
aku melongo mendengarnya
"Setelah pak sasmi meninggal, bu sasmi sempat stres memikirkan keuangannya, karena uang tidak cukup untuk menyekolahkan retno dan henti, Akhirnya Raji menyewakan lapak dipasar untuk ibu mertuanya berjualan dipasar dari sayur hasil kebunnya sendiri, Syukur banget punya mantu kayak Rijo yang mau bantu mertua cari nafkah dan menyekolahkan adik iparnya sampe lulus polisi," kamu mana tahu.
aku makin terkejut " lah kenapa Raji masih tinggal di rumah mertuanya dan ndak beli rumah sendiri,..?
"Kemarin dia udah nawar sepetak tanah didekat rumah haji hambali, tapi ndah jadi beli karena katanya buat berangkatin haji bapak dan ibunya, Kalau gak salah setahun lagi berangkat, duh senangnya ya,
jlep aku kehabisan kata-kata. pertanyaan dan keluar dikepalanku hilang sirna seketika.
Raji yang kupkir seorang pemalas dan mengantungkan diri pada istri hingga hidup dan menumpang dirumah mertua rupanya seorang juragan sapi yang mana dengan sapinya ia mampu memakmurkan mesjid, menghajikan bapak ibunya hingga ketekuannnya merawat kebun dan ladang memberikan kesempatan
untuk bisa membantu anak kampung bisa bersekolah lagi hingga adik iparnya hingga bertittle, padahal ia sendiri hanya seorang tamatan STM. dengan nilai pas pasan, tidak berdasi dan awam dengan teknologi tapi ia paham dengan makna berbagi dan memberi. Sedankan aku yang sudah bergelar, dengan kerja yang cukup nyaman dan menjanjikan apa yang telah kuperbuat untuk orang lain ??
Well itu salah satu cerita yang cukup menarik bagi saya. Selain sebagai motivasi kita tahu cerita adalah sistem pengajaran yang paling ampuh, karena itu mengajari tanpa merasa digurui, dan saya melihat betapa banyak kejadian di cerita tersebut mengambarkan kejadian yang sama dengan kejadian saya sehari hari. Banyak juga quote indah dan menarik yang terrangkai indah disetiap lembaran, selain disisipin dengan cerita dan kutipan menarik, banyak fakta yang membuat saya betah dengan cerita ini karena secara langsung 3 poin saya dapatkan, kutipan, pengetahuan dan pengajaran sehingga buku ini mejadi salah satu rekom saya. well ini hadiah ultah saya dari sista sekilas cover terlihat biasa tapi isinya luar biasa. itulah kenapa ada istilah don't judge by cover. karena pelabelan tidak pernah dibernakan.

Nah bertambah lagi deh buku favorit saye. <3

Kumpulan kutipan terbaik dari para tokoh

August 03, 2018 0
    
Lama tidak berkotak katik didepan layar monitor, hehe. Faktor Final alias ujian bikin gerah dan panik jadinya gak sempat lirik yang menarik lagi (Edisi curhat deh -_-). Dan untuk hari ini saya ingin berbagi kumpulan “mantra” penyemangat versi saya kala saya merasa terjatuh dan tak bisa bangkit lagi  (Nulis sambil nyanyi) hadeuh. Btw ini adalah kumpulan dari rangkuman kbeberapa buku menarik yang saya baca dan berlanjut dikebumikan dalam binder hingga leptop, jadi kala sedih dan down saya baca bisa menimbulkan semangat positif lagi, hehe. Dan berharap energi positif yang saya terapkan juga bisa di contoh oleh setiap orang. Baik dari tulisan ini atau versi lain, Tapi entah kenapa saya lebih kepikiran kalau kata kata tokoh ini lebih diterapkan di caption sosmed ketimbang aplikasi pribadi :v ehtnahlah, Intinya semoga bermanfaat. intinya manfaatkan semaksimal mungkin. 


·         Terimalah perbedaan dan keterbatasan manusaia ingat bahwa orang lain mempunyai hak untuk berbeda dengan anda. Janganlah menjadi orang yang mengubah sifat orang lain (D.j Schwait)

·         Hidup berarti berjuang, hidup nikmat tanpa badai topan laksa laut yang mati ( Senecta)

·         Waspada Dan hati hati pada roda waktu yang berputar sebabjika terlena, anda akan digilasnya (Sena Subro)

·         Rasa bosan itu sebenarnya adalah benih untuk segala mancam kreativitas (Eric Hoffer)

·         Keliaru itu manusiawi tetapi bersikeras mempertahankan pendapat yang salah ialah seperti setan (S.t agustin)

·         Kata kata yang kasar dan tajam menunjukan lemahnya jalan pikiran (Viktor Hugo)

·         Kemakmuran menghasilkan banyak kawan, tetapi kemalngan mencobai mereka dapat bertahan sebagai kawan sejati (Franklin)

·         Kalau orang sakit, ia memikirkan jiwanya , kalau sehat kembali memikirkan hartanya (Mongolian)

·         Orang suka menfitnah mempunyai setan di atas lidahnya dan orang yang dengan fitnah mempunyai setan diatas kepunyaanya (pepatah jerman)

·         Orang yang  bodoh akan selalu yain dan yang cerdik justru penuh keraguan (Betrand Rusell)
·         Temuilah orang yang sedang kesulitan , tapi tunggulah undangan sebelum berkunjung keorang makmur, (Tibet)

·         Orang yang  hanya membanggakan nenek moyakyna yang terkenal samahalnya dengan kentang, satu- satunya milik mereka yang berharga adalah terdapat didalam tanah (Sir thomas wiliam)

·         Bila kemaunang siap kaki menjadi ringan ( Scotlandia)

·         Tidak ada perang yang baik dan perdamaian yang buruk ( Mao Tse Tung)

·         Tamu seperti kue , kalau terlalu lama memjadi membosankan dan tidak enak dimakan ( Charllie chaplin)

·         Caci maki seorang penjajah merupakan kehormatan bagi orang yang jujur ( jean jaquas rouseau)

·         Ada orang yang meneruskan cahaya tetapi ada juga yang membawa kegelapan( phill basnass)

·         Nasib baikharus dihadapi seperti kesehatan tubuh kita artinya nikmatilah kalau sedang baik dan bersabarlah kalau sedang buruk(la rochefoncauld)

·         Kalau seorang majikan bermaksut mencari-cari kesalahan teh pun bisa dikatakan bau hangus ( pepatah tibet)

·         Yang membuat letih bukan bekerja tetapi perasaan kita(soemantri  mertodipuro)

·         Kalau kita tidak mendapatkan apa yang kita sukai kita harus menyukai apa yang kita peroleh (bussy rabuntin)

·         Kita merasa kecukupan andaikata tetangga tidak memiliki lebih dari kita (la rochefoncauld)

·         Poltik adalah perang tanpa pertumpah darahana, perang adalah politik dengan pertumpah darahan. –(Mao Tse Tsung)


 #caption #quotes #katamutiara #pepatah #kutipan