Aceh dengan lima karakteristik di mata luar

January 28, 2024 1

Tulisan kali ini sedikit berat jadi saya ingin menarasikan dengan bahasa yang cukup santai alias curhatan seorang acehnese yang saya lepaskan tanpa memikirkan seo dan peranakannya. Hoho anggaplah isi curhat untuk sesi kali ini. Tapi sejujurnya ini isi yang cukup lama dan Panjang untuk saya utarakan berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai acehnese. Semoga gak terdetect pelanggaran yak.


            Bercerita pengalaman sendiri, Bagi saya Aceh itu punya banyak warna di mata orang luar Aceh, hal ini benar-benar saya rasakan kala saya yang dulunya polos  perdana keluar aceh hingga sekarang , pertanyaan gak jauh dari gitu-gitu terus. yaps yang mana selalu mendapatkan pertanyaan yang seakan menjadi buah topik basa basi ala orang ketika pertama kali ketemu.

  • Ganja

 Sumpah nulis ini aja rada-rada bingung pertama kali keluar aceh ketika SMA mendapat pertanyaan ini masih setengah terheran “Ada bawa ganj*?” saya yang kala itu setengah bego hanya bertanya ”haa” seakan memperjelas pertanyaan itu sebelum akhirnya guru saya yang menjawab “Ada pak mau berapa kg?” intinya basa basi gitu sambil terkekeh cuma tetap ekspresi kita gak bisa  bohong kesel ya, merasa lebih ke dihina gitu, tapi emang nyatanya Aceh terkenal dengan daerah penghasil ganja jadi gak heran pertanyaan atau basa basi perihal topik ini selalu muncul lagi berulang kali, bahkan pernah kedapatan salah satu berita yang menyebutkan aceh sebagai salah satu daerah penghasil  jenis ganja terbaik. See… laknat banget, mau mengelak berita begituan tapi selalu ada pelengkap dari berita lain, seperti berita yang sudah tersebar kemana mana  bahwa ganja sudah sangat dekat dengan orang aceh bahkan jadi bumbu masakan dapur kayak Kuah beulangong, hmm entah benar atau gak mungkin dulu ia benar dan sekarang sudah illegal, saya pun tidak tahu bagaimana bisa tanaman ini muasalnya terlihat ramah di telinga masyarakat, sampai-sampai ni ya, kalau misal ketemu satu tempat makan yang Kuah Beulangong nya enak banget dan rame orang yang berdatangan, ada aja curiga ini pakai ganja kali ya? gak ada mikir penglaris diludahi setan adatnya udah beda pdahal gak tahu jangankan rasa, bentuk ganja secara pasti aja tidak pernah lihat langsung kecuali di google, bayangannya kayak daun umbi tapi bergigi gitu, bahkan ada kenalan yang oon nemu tanaman sejenis krisan malah dikira ganja. duh itulah kenapa polos ada takarannya juga yak.

  • Tsunami

Ini menjadi pertanyaan popular juga kala ke suatu daerah diluar kota, “Waktu tsunami kemarin kamu lari kemana?” Ok pertama ada beberapa daratan yang gak tersentuh oleh air salah satunya daerah saya karena lokasinya yang berada jauh dari kota, kedua sekiranya orang yang berada di Kawasan laut yang nyatanya banyak juga yang selamat lari kemana? Nah  untuk kasus ini sesuai pengalaman teman yang beralamatkan di sana katanya mendaki bukit, karena kebetulan di Kawasan lhoknga sendiri dikelilingi banyak bukit yang menjadi tempat pelarian satu-satunya, karena waktu dan kecepatan air sampai 60 km/jam jadi tidak ada harapan selain ke bukit- bukit terdekat. Tsunami memang maha dahsyat ngerinya setelah liat gambar penampak di satelit, belum lagi kapal PLT yang berhasil di berpindah ke pusat Kawasan padat penduduk yang berakhir kini menjadi salah satu tempat wisata sejarah. Sempat takjub sekaligus ngeri karena penampakan airnya betul- betul liar untuk menyelamatkan diri, makanya banyak kejadian diluar nalar juga yang terjadi dan gak buat terkejut lagi. Btw ada beberapa photo kala tsunami aceh yang pernah saya dapatkan kala pameran refleksi mengenang momen duka itu. dan bakal rame kalau sudah tanggal peringatanya. 

  • DOM

Gerakan Aceh Merdeka ialah sebuah kelompok yang dianggap separatis dan akhirnya menjadikan Aceh berada dalam Kawasan Daerah Operasi militer (DOM) waktu itu. Sejujurnya banyak pro kontra perihal Gam kalau misal kalian pribadi bertanya kepada orang Aceh, misalnya yang setuju karena merasa dikhianati oleh sukarno perihal janji yang pernah disampaikan bahkan bertindak sebaliknya dan membatasi gerak ruang lingkup aceh. (kapan- kapan kita bahas secara spesifik tentang ini yaps),  Untuk pihak kontra nya ialah yang lemah jantung gak sanggup dengar suara peluru tiap waktu, kita yang tidak terlibat tapi kita juga dicurigai, belum lagi setiap mau bepergian bakal diperiksa, hidup kita sangat tidak nyaman kacaunya korban tetap bertambah, dan semakin memunculkan ketakutan,  DOM Adalah masa yang cukup membekas untuk orang aceh bahkan meskipun bukan orang yang tergabung dalam GAM yang menjadi target dari milter, Salah satunya ialah banyak kejadian yang salah tangkap hingga ketakutan yang berakibat kepada setiap orang tanpa terkecuali, anak-anak. Makanya ada info banyak pelanggaran HAM juga, Kalau misal kalian mau tahu daerah berkonflik itu betul2 mengerikan, gak usah jauh2 palestina, saya sempat menemukan video rekaman dari seorang jurnalis aussie meliput tentang kejadian kala itu. dimana seorang anak balita tergeletak tak bernyawa layaknya berlumuran darah persis seperti anak palestin yang kalian temukan di media saat ini, debu sudah mirip korban tsunami. dan orang tetap melarikan diri karena sistemnya lebih ngeri ditangkap ketimbang mengikuti empati, karena bakal disiksa sumpah  seram. Saya pribadi punya teman dari 2 pihak dengan ceritanya yang tragis kala kecill, satu teman dimana dia disembunyikan di kandang sapi berhari hari kala kecil  karena ayahnya  tergabung dalam GAM, disisi lain saya juga punya teman anak dari salah satu TNI yang kala itu ia sampai harus disembunyikan didalam lemari oleh neneknya ketika GAM  beraksi, Kalau dengar cerita kedua pihak bikin  merinding. Dan kalian tahu gimana akhirnya bisa terjadi perjanjian damai? salah -satunya ialah kala Tsunami aceh.

  • Syariat Islam

Sedikit lucu tapi selalu menarik untuk di ulang lagi, “ Eh teman aku awal tahun mau lomba di Aceh orangnya agak tomboy gak biasa pakai rok boleh gak sih pakai celana?”Sepertinya orang-orang membayangkan aceh lebih dari serambi mekkah muasalnya. Sangat ketat dan padat aturanya. Belum lagi perihal jilbab harus pakai jilbab kah untuk yang nonis? Jawabnya enggak, kadang bingung berita dari mana  ngabarin kalau Aceh seram banget udah kayak korut hukumannya. Aceh memang punya hak otonomi khusus tapi gak di paksa buat berjilbab untuk nonis di aceh sendiri ada yang nonis semisal Kawasan peunayong jarak gereja dengan masjid raya bahkan kurang dari 500 meter. Bahkan saya sendiri pernah terkejut dan benar-benar gak nyangka ketemu bule yang berpakaian agak kiblat ke semi bikini di sabang. Sumpah masih kepikiran kok bisa lolos ya… ya walau grandma tetap agak gimana ya melihat media bilang Aceh syariat islam udah Arab Saudi, mana dulu pernah heboh gak boleh duduk ngakang lagi pakai motor lengkap banget warna drama Aceh. Belum lagi Ketika awkarin review aceh. Ia katanya syariat Islam tapi di laut kok bisa ada yang duduk berduaan, ya gimana ya mengontrol umat yang nafsuan hanya mengandalkan polisi syariat gak akan berhasil. Makanya walau sekencang apapun syariat kalau orangnya mindset “Buka Toko” dan sejenisnya tetap aja bakal ada ketemu berita khalwat masuk koran.  

  • Otonomi daerah khusus,

Perihal ini menjadi topik yang paling suka di bahas di berbagai forum, Fyi Otsus itu merupakan hak yang khusus diberikan untuk daerah yang punya sejarah konflik dengan tujuan mendapatkan kesejahteraan dan persoalan lain yang  dapat membantu dalam beragam sengketa di daerah itu, jadi selain aceh contoh daerah yang mendapat otsus ialah papua. Nah Aceh sendiri mendapat keistimewaan dalam 3 bagian pokok yaitu Agama,  Adat dan Pendidikan, makannya di aceh ada qanun layaknya cambuk, dan dulu perna viral parah perihal cambuk di aceh karena salah satu yang pernah jadi mangsa ialah nonis pada kasus maisir atau judi, tapi media nasional brutal banget framing kala dimana seakan2 islam di Aceh itu maksa nonis, padahal kenyataanya dia memilih sendiri karena dikasih opsi kalau dipenjara sampai 6 bulan kalau di cambuk sekian jumlah, sedangkan temannya di cambuk semua,  jadi mungkin yaaa dia milih cambuk  karena bisa bareng temannya, bayangin lu masuk penjara sendirian teman lu sehari selesai di cambuk sudah bisa berkeliaran sedangkan lu 6 bulan di penjara mana gosipnya ada ospek setiap orang masuk penjara lagi. Tapi ini bukan perihal cambuknya tapi media nasional yang sangat brutal, ada banyak media nasional yang britain tapi yang satu ini agak brutal makanya agak gemes, dulu saya ikut beritanya aduh kacau banget thumbnailnya. Btw Kembali ke topik Otonomi khusus (yaelah jauh banget larinya lagi) Aceh mendapat dana Otsus yang lumayan tapi kenapa perkembangannya masih sangat lambat ya, mana otsusnya banyak banget tapi perkembanganya kayak jaringan T3 , Berada dalam salah satu Kawasan termiskin belum lagi Pendidikan yang rendah. Salutnya saya ni, di aceh gak pernah ketemu orang yang tidur di bawah jembatan, tapi ada yang masuk berita tinggal di kandang sapi tempo dulu emang rada-rada lucu kalau diingat. Alangkah lucunya negeri ku ini. Btw udah hamper 1500  tahun Panjang gini kata mending buat artikel khusus perbagian

#aceh #gam #syariatislam #otsusaceh #tsunamiaceh #infoaceh



5 reasons why you need to try shapewear in 2024

January 18, 2024 0

Shapewear is not a new breakthrough that we know. We easily found the movie telling about the Kingdom in which the princess wears a dress with shapewear. Watching Kingdom movies teaches us that shapewear makes people look elegant. It also tells us how long the shapewear was found until now, but most people have never tried this even though it's familiar to us. Using shapewear still has pros and cons for some people, they think about breathlessness and another reasons. However, shapewear has already been innovated and adapted in 2024.

          There are so many reasons why you need shapewear to wear one-time minimum for your life,  the reasons are : 
  • Make you confident 
  Using shapewear will help your body look good like hourglass type and ideal with all sizes, shapewear makes your dress neat. But the fact is, not everyone has been using shapewear, although shapewear is pretty nice to make you confident. At least women need to use shapewear once a lifetime like for her wedding or after pregnancy to bring back her confidence.
  • Diet 
Shapewear also helps to control your eating habits. Using shapewear makes you feel know your limits. You can't eat too much because it makes you breathless. We can find the best shapewear for tummy that I believe will be good for your diet. 
  • Fix your posture
Shapewear also helps to fix your posture. Using shapewear makes you feel uncomfortable to hunchback so that brings you habits to walking or sitting in a good position.  
  • Bring back your elasticity
After pregnancy and giving birth, women’s bodies can’t be back soon like before.  It will take more time, and to make it faster you can use shapewear with ideal type shapewear to bring back your elastic body after pregnancy. 
  • Making you look younger 
  After all of that we have, we can say shapewear can make you look younger. Shapewear will repair your posture and also be a good partner to diet. Another reason is that using shapewear makes it easy to match your style.

        Now we can find shapewear with many sizes and more innovation and this is awesome because they come to listen to our needs like Spafellx’s brand. They care about our grievances so that the best bodysuit shapewear is not difficult to find now, like shapewear with hooks on the back. Surely it is hard because of the position. That is why they come with innovations, like shapewear use zippers or even not using hooks and zippers anymore, too many options to make you comfortable today. 
           Shapellx is an empowering, fashion-forward shapewear line for women. The most I like is their mission welcoming all shapes and sizes, and help people love about their bodies. I love it because as a person with a petite body type who always needs to shrink clothes, it helps so much.       
          Materials also sustainable and of course high quality fabrics. Shapellx offer more kinds like butt lifting shapewear or best shapewear for tummy. there is more style and unique designs for your type. It allows women to fully express their unique beauty confidently.
On the other side, Shapellx has committed to becoming the world's first fully sustainable and eco-friendly shapewear brand in the mainstream market. So when women choose Shapellx to express themselves, it also makes them know that they are making the environmentally friendly choice.
#fashion #dress #girl #shapewear #style 


Intip Fakta unik awal tahu 2024 yang jarang diulik

January 08, 2024 0

 

  • Tahun kabisat

2024 ini menjadi salah satu tahun Unik yang menepati posisi langka dalam beberapa kasus yaitu selayaknya tahun kabisat, adalah kondisi di mana mempunyai penambahan satu hari yang menyesuaikan dengan tahun astronom pada tanggal 29 Februari. Menariknya lagi tahun ini hanya terjadi selama 4 tahun sekali jadi sekiranya kalian lahir pada tahun ini cukup menarik karena kalian mempunyai tanggal langka untuk diperingati. 

      Fakta lainnya sekiranya kalian lahir pada tanggal 29 Februari di Skotlandia maka kalian dianggap tidak beruntung, bahkan sekiranya tahun ini dianggap sangat tidak baik untuk mengembangkan ternaknya, di Yunani orang-orang menolak menikah pada tahun kabisat begitupun Italy mereka menganggap itu membawa nasib buruk, di Rusia tahun ini dipercaya membawa cuaca buruk, Cina Hongkong pun melihat ini tahun ini juga sebagai tahun sulit atau tahun kesialan berbisnis jika lahir tahun ini. Mungkin bayangan orang kalau misalnya lahir tahun ini kurang banyak apresiasi karena diingat 4 tahun sekali, bayangin yang lahir tanggal 29 Februari tiap tahun kasih hadiah buat orang tapi dapat hadiah untuk  diri sendiri 4 tahun sekali hmm kalau dipikir sad juga ya ) tapi terlepas dari berbagai stereotip negatif perihal para liper atau leaping ini, ada sebuah kota yang sangat menjunjung tinggi dan mengapresiasi mereka para leaper ini yaitu Anthony Texas yang berada di Amerika Serikat, kota ini dikenal sebagai ibukota kabisat dunia karena setiap tanggal 29 Februari digelar sebuah festival yang merayakan hari jadi para leaping atau mereka yg lahir pada tanggal ini. Sangat toleransi kesannya sama kayak hari kidal sedunia, mendapat  banyak diskriminasi dalam lingkungan sampai bangku kuliah nggak ada dispensasi untuk para kidal tapi mereka punya harinya sendiri hingga komunitasnya.Nah untuk mereka yang lahir pada tanggal 29 februari ini juga berlaku sama mereka mempunyai sebuah komunitas  beranggotakan orang kelahiran 29 Februari yang mana pertama kali dicetuskan pada tahun 1997. Komunitas ini dikenal dengan nama "HONOR SOCIETY OF LEAP YEAR DAY", bisa dikatakan komunitas ini adalah bentuk penghormatan kepada setiap bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari. Yang mana mempunyai tanggal langka.


  • Kesamaan dengan tahun 1996

            Tahun 2024 kali ini juga cukup menarik karena mempunyai kesamaan kalender dengan tahun 1996 di mana tanggalnya persis sama, dilain kondisi tahun 2024 menjadi perhitungan awal yang dithitung tepat dimulai dari hari Minggu tanggal 1 dan ini cuma terjadi selama 28 tahun sekali dalam peredarannya.

  • Genap keruntuhan khilafah usmani 100 tahun.

            Tahun 2024 ini menjadi titik temu 100 tahun keruntuhan khilafah Utsmani yang mana terjadi pada tanggal 1924. Tahun ini mungkin bagi beberapa orang menjadi tahun kesedihan dan pihak lain menjadi tahun pembebasan bagi tim pro terhadap Mustafa Kemal yang mengumumkan berdirinya Republik Turki dan menyapu bersih semua peninggalan khalifah Turki Usmani seperti pemutusan semua hal yang berhubungan dengan Islam dari Turki,  bahasa Arab, penghapusan khalifah Islam untuk selama-lamanya. Serta perombakan Sistem pemerintahan ke arah sekuler yang mulai diberlakukan dan segala komponen-komponen yang berkiblat ke arah barat. 


  • Tahun mujaddid


            Tahun mujaddid adalah tahun yang dipercaya oleh umat Islam sebagai tahun pembawa pembaharuan, sebagaimana tercantum dalam hadis nabi yang mana yang berbunyi

"Sesungguhnya Allah mengutus kepada umat Islam setiap 100 tahun, seseorang yang memperbarui untuk mereka ajaran agama mereka" hadits riwayat Abu Daud.


Setelah keruntuhan Turki atau khalifah Usmani pada kasus ini adalah masa bangkitnya yang mana jika merujuk pada hadis tersebut akan ada seseorang yang membawa pembaharuan entah dari negara Arab atau di bagian bumi manapun, di mana konsep di sini tidak disebutkan apakah seorang khalifah karena seorang mujahid adalah orang yang memperbaiki kerusakan dalam urusan atau praktik ajaran agama Islam seperti contohnya imam Syafi'i. jadi enggak mesti seorang Khalifah untuk memenuhi karakteristik tahun mujaddid bisa jadi imam Mahdi eh atau yang lebih sederhana seperti para tokoh yang pernah kita dengar layaknya ibnu Hajar, an-nawawi orang-orang yang bersifat meluruskan kembali konsep ajaran agama yang sudah menyeleweng jauh saat ini.


  • Tahun pemilu

Terlepas dari 3 hal tersebut ada lagi yang menarik dari tahun ini, yaps posisi yang bersamaan dengan pesta demokrasi yang sangat meriah.. Nyatanya tahun ini bakal jadi pemilu yang sangat hidup ketimbang sebelumnya terlepas dari pihak mana pilihan kalian, orang sudah mulai menunjukan antusiasnya dalam pesta demokrasi kali ini, yang mana sudah memenuhi tagar di sosial media entah nazar hingga tuntutan dari para netizen di twitter.  Selayaknya kalau menang si A bakal kasih umrah 5 orang random, wakaf tanah untuk masjid, buat kelas ielts gratis untuk 30 orang,bagi paket sembako,  bayarin naik gunung merbabu 3 orang, 1000 nasi kotak free selama sebulan tiap jumat, kuliahin sekolah anak kurang mampu  hingga jadi pemain bola profesional sampai ke tahap free dental care kuda pun jadi pokoknya meriah banget pemilu tahun 2024 ini dah. Terlepas dari siapapun pilihan kalian, tahun 2024 ini kita akan mencetak sejarah baru terhadap antusias para masyarakat dalam politik semakin naik kelas walau tetap banyak kecurangan tapi tahun ini keseruan pesta demokrasinya benar-benar terasa berwarna sekali terutama memenya yang bertebaran hihi. Btw Tahun 2024 ini apa resolusi kalian ni..


#happynewyear #2034 #tahunkabisat #tahunmujaddid #pemilu #leaping

Jangan sekolahkan anak anda di pesantren

December 23, 2023 0

Beberapa hari yang lalu saya baru saja menonton salah satu video dakwah lokal, ada beberapa statement yang menjadi titik temu untuk saya sehingga mengingatkan segala memori berkaitan dengan pesantren. Hemat saya "Inti dari penceramah itu ialah hari ini banyak sekali orang tua menyekolahkan anaknya yang pintar di sekolah unggulan sebaliknya untuk anak yang bandel dan bertingkah alias susah diatur dibuang ke Pesantren atau dayah" inilah yang membuat saya melahirkan postingan kali ini dengan judul topik . "Jangan sekolahkan anak di Pesantren" Kalau Anda berniat dia berubah menjadi baik.
     Saya nggak tahu apakah ini bisa dibilang mengulik sisi gelap ponpes yang jadi rahasia umum, atau sekedar refleksi untuk para orang tua yang merasa nggak sanggup ngurus anak sehingga dilempar buangkan ke Dayah dan pesantren, agak kasar sih. tapi poin pentingnya ialah memang ceramah yang Saya dengar itu sangat realistis dengan pengalaman yang terjadi di lingkungan saya. Jadi kali ini saya ingin berbagi cerita.
      Saya menghabiskan masa SMA saya di boarding School, dengan beragam latar orang yang saya jumpai kala itu, dan salah satunya ialah para alumni Pesantren dari berbagai wilayah, ada yang buat saya lebih spesifik mempertanyakan kondisi saat itu ketika saya berada pada masa orientasi, kenapa saya nggak bisa ngebedain alumni Pesantren dengan alumni SMP umum, kasus lainnya yang saya temui malah lebih unik, saya tidak bicara perihal pakaiannya yang oh ternyata tidak memenuhi kaidah sebagai alumni pesantren semisal jilbab yang tebal pakai kaus kaki dan sejenisnya, layak ekspektasi kita alumni Pesantren tapi sikapnya karena kondisi saat itu yang bandel adalah para alumni Pesantren ketimbang anak-anak alumni SMP biasa " Vocabulary bahasa Arab yang saya pelajari ketika pertama kali berinteraksi dengan para mereka kala itu ialah kirdon yang artinya monyet" sejenis kata ejekan atau sapaan mungkin untuk orang yang nggak disukai mereka. Agak shock pasti gk semua tapi yg muncul di permukaan malah mereka.
     Akhirnya suatu ketika saya berkesempatan mendengar beberapa cerita dari teman-teman yang ternyata mereka dipaksa orang tuanya untuk masuk ke pesantren salah satunya teman saya yang laki-laki yg cukup bandel sering ribut dan gangguin anak lain, dia bercerita kalau misal bapaknya sangat ngotot dia tidak boleh keluar dari pesantren (jadi ceritanya dia lulus pesantren tingkat SMP dan ingin melanjutkan di SMA biasa) tapi bapaknya tidak mengizinkannya berakhir dia pindah sekolah dari pesantren ke boarding School umun sebagai keringanan tapi tetap harus diasramakan. Ya sekarang saya paham dia ingin bebas susah diatur tapi bapaknya tetap ngotot mengatur anaknya di dalam "penjara suci" kalau kata anak boarding school. Versi ceweknya lebih lucu lagi dia bercerita sengaja pindah dari pesantren ke boarding School biar nggak ketat kali aturan keagamaan tapi berakhir kayak masuk pesantren lagi, dia mengeluh karena ternyata di boarding School kami diwajibkan juga pakai ciput jilbab tebal pakai kaos kaki sampai manset tangan ya hampir sama sih kayak Pesantren bedanya kami nggak belajar bahasa Arab dan beberapa aturan yang lebih dimodifikasi lebih ringan, kami juga ngaji malam ngaji kitab pokoknya kalau denger cerita orang nih bikin ngakak soalnya mayoritas mereka masuk ke sini pelarian juga dari pesantren yg cukup ketat peraturannya.
     Ada beragam polemik lain yang menjadi alasan kenapa tidak boleh membuang anak ke pesantren, salah satunya ialah menjadikan anak baik atau yang tidak bersalah sebagai korban. Bullying di pesantren pun juga bisa lebih parah dari SMA umumnya, pengalaman saudara saya Dia disuruh cuci piring sampai ke baju oleh seniornya tapi syukurnya dia orang yang nggak lembek alias nggak bisa didikte. Sayangnya saya pernah suatu ketika dalam perjalanan pulang kuliah berhenti di kios tempat pengisian bensin tiba-tiba sang ibu penjual menyelentuk dek nanti kalau misal ada anak kecil yang jalan kaki pakai ransel tolong bentar ya dia orang baru kabur dari pesantren kasih tumpangan, tadi dia nangis pinjam hp telepon orangnya tua suruh jemput tapi nggak ada yang mau jemput, padahal dia di tendang sama seniornya perihal air galon. Sayang banget denger cerita ibu ini nangis tapi saya kurang beruntung ketemu anak itu lagi di perjalanan pulang. Yang bisa menempuh jarak mungkin beberapa kecamatan.
    Bagi saya sebenarnya kejadian seperti ini tuh bukan suatu hal yang baru lagi ketika saya di boarding School pun sering terjadi. Bedanya dari pengalaman teman-teman saya yang jadi korban lebih kuat nggak sampai ke tahap kabur lebih ke nangis. Makanya kenapa dari awal sekiranya orang-orang yang merasa tabiat anaknya buruk jangan dilempar ke dayah atau pesantren dengan harapan anaknya menjadi baik karena itu kesalahan fatal mungkin ada berubah dan berimpact tapi hanya sebagian kecil. Bully memang selalu ada entah dari SMA atau Pesantren namun yang membedakannya adalah bullying di pesantren berefek lebih banyak, entah pihak anak yang tidak bersalah sampai ke pondok pesantrennya sendiri sehingga dianggap Pesantren sebagai institusi Islam bukannya mengubah anak menjadi sholeh tapi malah menjadi anak yang salah dan terkenal kasus pelanggaran yang mencuat. Kalian pasti sering dengar bullying di SMA atau pelecehan di SMA sama gurunya tapi kalau misal kejadian ini terjadi di pesantren itu beritanya bakal lebih meledak kan?


    berita ini sempat heboh beberapa minggu atau bulan yang lalu dan pastinya orang langsung membabi buta menghantam statement hafiznya padahal itu tidak bisa menjadi barometer seseorang Soleh atau enggak. Karena dari pengalaman ada yang memang karena permintaan orang tuanya anak dimasukan ke sekolah hafalan Quran dengan harapan berubah tapi karakternya dia gk bisa diubah walau cukup pintar karena kemampuannya hafalannya bisa mengejar target hafalan 30 juz dengan mudah tapi ya tabiatnya nggak bisa dirombak cuma hafalannya aja bertambah. 
        Kasus parahnya lagi saya pernah benar mendengar cerita teman saya yang jadi korban dis*domi oleh temannya, bukan teman satu sekolah tapi teman pesantren luar kota yg gak bisa saya sebut merk dan hal ini ternyata banyak juga kejadian di pesantren sempat shock, tapi sekarang saya paham kenapa ketika saya tinggal di boarding waktu kuliah para ustazah selalu memperingatkan untuk tidak tidur sekasur berdua dengan teman walau sebatas lagi nonton, karena kita nggak tahu pikiran asli dari teman kita normal atau enggak. Dulu waktu SMA saya sering tidur di kamar teman saya dan dipanggil keamanan suruh balik ke kamar masing-masing, nggak boleh walau tidak dibuat aturan secara khusus. Pencurian pun juga nggak bisa dihindari, nggak baju jilbab ya selalu ada kemungkinan hilang, junior saya dulu pernah hilang dalaman tapi kayaknya nggak mungkin cewek mau nyolong bekas kayaknya emang ada orang luar yang masuk sejenis laki2 mesum ke jemuran, atau salah ambil.
     Namun terlepas dari beragam skandal yang sering kejadian di asrama atau Pesantren sebenarnya sangat menarik saya tidak pernah menyesal pernah di boarding walau mengalami beragam drama juga layaknya di pesantren karena cerita asrama itu sangat menarik untuk diceritakan di kemudian "apakah saya pernah menangis" ya pastinya. Namun saya tidak mempermasalahkannya kini. Satu satunya yg saya khawatirkan ialah ada orang tua yang berekspektasi anaknya yang bandel bisa berubah di pesantren padahal sebaliknya anaknya menjadi pelaku perundungan, dan sejenis membuat kekacauan lain yang membuat jelek nama sebuah instansi keislaman itu.
     Seringnya persepsi orang terhadap pesantren yang berharap bisa mengubah semua orang sehingga membiarkan anaknya dididik keras ternyata tidak selalu baik untuk semua orang, beberapa memang bisa menjadi kuat secara mental dan disiplin dalam banyak hal tapi itu tidak bekerja pada semua orang, sehingga saya pribadi melihat kepada setiap orang tua atau calon orang tua wajib mengenali karakter anak, dan menyelami ilmu parenting dengan cara terbaik sebelum mengambil tindakan layaknya di pesantrenkan. Banyak kasus anak dengan kondisi fatherless berakhir di pondok, apakah harapan mereka selayaknya akan dirawat oleh anaknya nanti di hari tua setelah spam ayat hadits berbakti orang tua? Belum tentu. Karakter anak harus dibentuk dari keluarga sendiri, bahkan sekiranya pondasi kuat tidak perlu masuk pesantren pun insya Allah tetap bisa sholeh, kalian bisa becermi dengan penulis Dewi Nur aisyah alumni SMP SMA sampai Ph.D di negeri sekuler tapi pondasinya masih kuat, jadi jangan berharap sekolah yang merubahnya karena sebenarnya itu adalah memori awal setiap anak dalam berproses kedepan, kita tidak bisa menuntut anak menjadi sholeh jikalau lingkungan yang dilahirkan sudah bermasalah dari awal dan berharap pesantren bisa memperbaikinya, yang ada kembali ke setelan pabrik setelah keluar dari pesantren karena dari awal semua yang dilakukan di pesantren adalah tekanan bukan kesadaran atas ketaqwaan. Kalian bisa lihat bagaimana ramainya juga santri yang bertingkah di tiktok yang isi kontennya selayaknya masalah fathul izar dan sejenis perangai layaknya berita yang viral tentang rokok kemarin. Kacau tentu membuat orang semakin was was, saya bahkan berteman dengan yang sholeh justru dari alumni smp biasa ketimbang pesantren dan dia yang paling soleh di angkatan kami, jadi tidak jadi jaminan kalau yang alumni pesantren bisa jadi sholeh yang ada mentok bisa bahasa arab dipakai buat telponan sama pacar waktu pulang kerumah jadi orang rumah tidak tahu yang di omongin apa.
     Perlu diingatkan walau judulnya jangan menyekolahlan anak di pesantren, disini saya tidak serta merta mengatakan tidak untuk menyekolahkan anak ke pesantren tapi saya melarang membuang anak ke pesantren. Faktanya pesantren tempat terbaik untuk bersekolah, ada banyak juga teman saya yang benar-benar bergairah jadi pencadu ilmu setelah jadi alumni ponpes dan betah sekali ketika dipesatren banyak cerita seru yang bikin saya penasaran terutama dramanya yang lebih meriah ketimbang boardhing school umum, point penting ialah ia dapat tempat yang tepat selama di pesatren, Ia dapat suport orang tua yang penuh, teman yang positif sehingga ia tidak merasa terbuang atau diasingkan. Pesantren bisa menjadi tempat yang sangat bagus tapi pastikan kalian sudah seleksi dari berbagai berita "tidak lurus". jangan sampai juga berakhir kayak drama al zaytun.




#ponpes #pesantren 

Hadiah Akhir Tahun. HokBen Hadir Meramaikan Cita Rasa di Banda Aceh.

December 21, 2023 28

Akhir tahun ini memang selalu punya banyak kejutan dan salah satunya dari produk asli Indonesia yang sering salah tafsir karena namanya yang mengarah kiblat ke Jepang, HokBen. Produk ini kembali meramaikan cita rasa lidah warga Aceh yang  ternyata saya pribadi baru tahu jikalau HokBen bukan yang pertama kali ada di  Aceh. Jadi bisa dikatakan ini adalah gerai kedua setelah yang pertama berlokasi di Lhokseumawe. Banda Aceh menjadi kiblat kedua yang diresmikan pada tanggal 21 Desember kemarin di Jl. Panglima Polem no 42-48, Peunayong, Kuta Alam. Sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya bisa melihat langsung kemeriahan grand opening yang disambut tarian selayaknya ciri khas Aceh. Ada banyak informasi yang saya dapatkan dalam pers rilis hari ini selayaknya “Ini pro isriwil tidak ya?” Karena kasusnya memang sekarang semua menghindari segala hal yang berkiblat condong kesana, Nah syukurnya semua informasi membuat lega memuaskan, selain terjamin kehalalannya  dengan  no Sertifikat Halal no. 00160048830908 dari MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021. Produk ini juga tidak pro isriwil. Hehe.

Sambutan Pembukaan di Banda Aceh di iringin tarian 

Grand Opening di Banda Aceh 

Kehadiran Hokben di Banda aceh menghadirkan  begitu ragam jenis makanan yang menggugah rasa seperti : Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, Ebi Furai, Kani Roll, Beef / Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Spesial, Paket ABCD, Simple hiSet Teriyaki. Serta menu favorit HokBen lainnya yang ternyata di luar ekspektasi saya jumlahnya, tidak berhenti disitu. Pilihan salad, snack dan dessert di HokBen cukup mengikat pasang mata untuk dicicipi, lucunya. Satu porsi saja saya incip bikin ngantuk karena kekenyangan serasa baru berbuka puasa jadi mageran.


    Selain kaya dengan ragam jenis menu Hokben juga datang dengan berbagai tawaran pelayanan menarik seperti perayaan pesta ulang tahun, pertemuan keluarga hingga rapat kerja dengan ruangan yang sangat mendukung. Layanan pesanan dibawa pulang (Take Away), HokBen Delivery melalui 1 500 505 atau melalui pesan online di www.hokben.co.id, dan HokBenApps  juga tersedia di Google Playstore & Apple Store, pesanan melalui kendaraan lewat (Drive Thru), serta pesanan dalam jumlah besar (Large Order) juga tersedia.

     Kita juga  bisa melihat langsung  komitmen mereka  kepada lingkungan yang mana   HokBen  menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan juga mengelola sampah daur ulang menjadi produk bernilai bagi masyarakat. Selain itu  HokBen  juga melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak tertentu dalam mengolah sampah plastik mika bekas HokBen yang disulap menjadi bahan bangunan roster yang kemudian didesain ulang menjadi bagian dari interior dalam gerai hokben disitu yang cukup manis pas di samping saya malahan, dan dan itu berlaku untuk semua gerai HokBen seindonesia. Luar biasa banget ya belum lagi program ramah lingkungan lainnya yang tidak bisa di sebutkan.

Desain pembatas antar kursi ini merupakan olahan daur ulang yang di lakukan oleh HokBen sebagai komitmen kepedulian mereka terhadap lingkungan. 

Sejarah HokBen.

  HokBen yang kita kenal hari ini mulanya lebih akrab dengan kaga Hoka- Hoka Bento perubahan ini ternyata dari singkatan yang mempermudah pengucapan dalam berdialog sehingga jadilah Hokben pada tahun 2013 hingga kini. Hadir pertama kali di di Jakarta pada 18 April 1985, di bawah manajemen PT. Eka Bogainti dengan mengusung jenis restoran siap saji bergaya jepang yang mana kala itu jenis restoran siap saji ala jepang belum ada di indonesia, Adapun nama Hoka-hoka bento sendiri berarti Makanan Hangat dalam Kotak.

  Nyatanya Hokben merupakan merek asli dari putra Indonesia yang didirikan oleh Hendra Arifin.  Tumbuh dari store di Kebon Kacang, Jakarta, kini Hokben telah berkembang hingga memiliki 380 gerai dia akhir desember 2023 ini.  Restoran HokBen tersebar di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Klaten, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Kudus, Surabaya, Gresik, Jember, Malang, Denpasar, Lombok, Bandar Lampung, Palembang, Prabumulih, Medan, Binjai, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Padang, Bukittinggi, Pontianak, Banjarmasin, Banjarbaru, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Palangkaraya, Batam, Pangkal Pinang, Lhokseumawe, Manado.

    HokBen bisa dikatakan jadi hadiah akhir tahun terutama dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan di Hari Rangkaian Grand Opening HokBen Banda Aceh. Adapun Promo dan Souvenir tersebut bisa didapatkan dengan cara melakukan pembelian menu HokBen dalam jumlah harga tertentu dengan durasi sampai 2024 nanti malahan. jadi gimana tertarik?

Berikut promo untuk mendapatkan Free Merchandise :
 • Tanggal 22 - 23 Desember 2023, hadiah Payung HokBen untuk 100 pembeli pertama khusus layanan Dine In atau Take Away dengan pembelian menu Bento Special 1 dan Bento Special 4.
• Tanggal 24 – 25 Desember 2023, hadiah Bantal HokBen untuk 75 pembeli pertama khusus layanan Dine In atau Take Away dengan pembelian menu Paket A dan Paket C ditambah Egg Chicken Roll.
• Tanggal 26 – 27 Desember 2023, hadiah Tumbler HokBen untuk 75 pembeli pertama khusus layanan Dine In atau Take Away dengan pembelian menu Paket A dan Paket C.
• Tanggal 28 Desember 2023 - 26 Januari 2024, Special Price setiap pembelian 2 Simple Set Teriyaki Free 2 TehBotol Sosro seharga Rp 82.000,- dari harga normal Rp. 102.000,-
• Tanggal 29 Januari 2024 – 27 Februari 2024, Lucky Dip Hadiah menarik khusus Dine in selama Weekdays atau hari kerja dengan pembelian minimal transaksi Rp 100.000,- mendapatkan 1 kupon Lucky Dip.
 

#hokbenbaru #hokbenaceh #hokbenbandaceh #HokBenHalal #JapaneseFood #Halal #HokBenAja
 
 
 
 
 
 
 
            













Rekam Jejak BRI Dalam Membangun Negeri

November 22, 2023 0
"Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu di masa muda." Kutipan ini sangat menarik, terutama untuk darah muda yang punya segudang polemik, hari ini berburu kerja untuk menghindari  status pengganggguran menjadi salah satu PR besar untuk pemerintah yang belum selesai di basmi. ya, para anak muda akhirnya berbondong bondong mencari opsi lain alih -alih menunggu gelombang pertanyaan yang sama untuk kesekian kali, Saya menyadari ternyata banyak sekali teman-teman seumuran yang banting setir dan nekat untuk mencoba merintis usahanya dengan kemampuan sekadarnya, berulang kali, hal ini membuat takjub sekaligus salut "mereka benar-benar maksimal dalam berusaha yang mana dulu cuma jualan bucket sebatas dari instagram akhirnya bisa berkembang punya lapaknya sendiri. Hal ini tidak berhenti di anak muda, para IRT pun kini banyak yang memulai peruntungan dari bisnis kecil-kecil, selayaknya jajanan sekolah, memang menjadi produktif itu menyenangkan terutama ketika ada suport sistem yang memadai layaknya pendampingan usaha, pelatihan, pijaman modal, hingga optimisasi usaha. tentu orang punya semangat untuk bergerak dan membentuk UMKM nya sendiri.  Paket komplit ini menjadi salah satu bagian dari misi Bank BRI yaitu "Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat".
       Meniti Karir lebih dari satu abad, nyatanya Bank Rakyat Indionesia (BRI) mempunyai rekam jejak yang luar biasa untuk membangun negeri, tidak tangung-tanggung 128 tahun BRI tumbuh hebat dan kuat dalam memenuhi banyak harapan dari rakyat indonesia, dengan fokus pada segmen usaha kecil dan menengah, nyatanya BRI muncul layaknya Pahlawan UMKM yang memberi harapan akan setiap pejuru daerah hingga pelosok untuk di dampingi dalam membina usahanya, ada beragam inovasi digitalisasi BRI seperti CERIA, BRIMO, SAMPAI BRIAPI yang di lahirkan untuk menunjang perkembangan serta menjawab kebutuhan masyarakat, maka tidak heran jikalau hari ini kita melihat beragam kebaikan BRI yang berpihak kepada masyarakat kecil layaknya pelaku umkm mikro hingga menengah berimbas dengan naiknya laba bersih sampai 18,9 % atau setara Rp 29,56 triliun wow, dengan penopang utamanya yaitu kinerja di bagian kredit, luar Biasa memang.
 
 Berdiri di Purwokerto pada tanggal 16 Desember 1895, BRI mulanya adalah sebuah lembaga yang mengelola dana kas masjid untuk kemudian disalurkan kepada para  masyarakat dengan skema yang cukup sederhana. Nah Perkembangan ini berkembang secara lebih luas setelah 16 desember yang mana secara resmi dibentuk dengan nama Hulpen Spaarbank der Indlandsche Bestuurs Ambtenareen yang kemudian dikenal sebagai “Bank Perkreditan Rakyat” pertama di Indonesia. Mengalami beragam pergantian era dengan beragam nama, nyatanya tidak membuat Bank BRI tumbang. Bank ini tumbuh berkembang cukup baik dalam membentuk perekonomian indonesia tanpa lapuk di makan usia yang bahkan lebih tua dari indonesia. BRI untuk indonesia berdiri layaknya tangan kanan yang membantu banyak para umkm untuk tetap bertahan dengan menyesuaikan diri sesuai request peradaban. 

Sumber merdeka.com
         Hari ini kita menemukan beragam rekam jejak BRI di setiap lokasi tanpa pilih kasih, “Bank BRI berperan aktif dalam pembangunan nasional, melalui penyaluran kredit kepada segmen korporasi, hingga pemberian fasilitas pinjaman terhadap Perusahaan BUMN. Tidak heran jikalau BRI mengantongi beragam pencapaian dan pernghargaan selayankya "asian banker - Best Microfinance Business" , "Forbes: The World’s Biggest Public Companies 2013" , "NCSR: Commendation for First Time" , "Asia Money: Best Domestic Bank in Indonesia 2015", dan 48 penghargaan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu saking banyaknya.     
 
Beragam penghargaan yang didapatkan oleh bank BRI. 
     Bri tidak henti- henti berkarya membuat pasang mata selalu melirik, hal ini menjadi titik temu baru untuk saya ketika teman tiba-tiba bercerita tentang keinginannya untuk membuka usaha sabun organic, menarik mengingat beragam jenis usaha bermunculan namun masih jarang inisitiatif ini disampaikan, sayangnya inisiatifnya kurang persiapan dalam beragam hal, artinya beberapa orang punya modal tapi tidak survey tarket pasar atau upaya otptimisasinya. Sehingga peluang kedepan terlihat kabur, saya sangat antusias ketika mendengar keinginannya namun benar usaha tanpa bimbingan sombong, begitupun bimbingan tanpa usaha bohong. Saya harap ia dapat imbas dari kebaikan BRI nanti, Banyaknya yang mencoba merintis usaha tentu adalah suatu nilai positif yang perlu di apresiasi untuk membantu para pelaku usaha tapi sekali lagi PR kita masih berlanjut saya berharap diulang tahun BRI  desember nanti banyak program baru terkhusus lagi pada para anak muda yang kebingungan terhadap cita- cita berbisnisnya namun tidak pernah bosen untuk gagal.  
   
 
Sumber 
https://www.cnbcindonesia.com/market/20230902161616-17-468471/makin-moncer-sunarso-buka-bukaan-kunci-keberhasilan-bri 
https://digital.bri.co.id/article/transformasi-digital-perbankan-bri-tren-disruptif-8qie

ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), Laptop Ultra-Portable Modern Yang Cocok Jadi Teman Karirmu

November 18, 2023 30

Setelah menempuh drama perjalanan yang panjang dalam dunia blogging, akhirnya 2023 ini saya mencoba untuk ngajak serius "teman curhat virtual saya ini" 7 tahun bukanlah waktu yang singkat mengingat banyak cerita susah senang dalam membangun relationship dengan teman curhat virtual ini, beragam drama telah dilewati penolakan ads, hingga pengabaian saya setelah mendapatkan balasan surat cinta ads tidak bisa di anggap suatu yang mudah untuk diabaikan. Semua menjadi suatu kenangan sampai akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk serius "ya soalnya setelah sekian lama akhirnya saya memberanikan diri untuk beli domain biar kepacu (kalau tidak hangus domainnya dong, rugi hihi ) setelah putus nyambung membangun hubungan yang "gaje" akhirnya tiba juga waktunya untuk mencoba mencari peluang lebih dari sekedar teman 'cerita yang nyambung" kalau bahasa suhu sekarang ayo temani aku meniti karir dari nol.

            Saat ini meniti karir di dunia blogging menjadi salah satu pasif income yang menarik, terutama sejenis saya yang memang dasar dari jurusan broadcast yang punya pengalaman jurnalistik, publik speaking, desain grafis, sinematografi, hingga belajar bikin animasi sampai muntah-muntah naik asam lambung. artinya terlepas dari blogging mau coba jadi youtuber desainer sudah ada gambaran, karena ada portofolio pendukung pengalaman. yang jadi pertanyaanya sekarang adalah support systemnya apakah sepadan untuk meniti karir di bragam platform digital?

    Salah satu support system disini bisa dikatakan adalah leptop yang memadai, karena setingkat belajar animasi, perlu leptop yang kualitas gak mendang mending apalagi ngedit video yang berat atau nulis dan desain yang bisa bikin mata berkunang pusing karena bisa menguras waktu yang tidak sebantar, Leptop bisa dikatakan menjadi salah satu teman karir terpenting untuk kita-kita yang ingin eksis di dunia digital terkhususnya, Nah berita gembiranya, Asus muncul dengan mahakaryanya yang sangat mendukung lho. 


ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

     Zenbook 14 OLED (UM3402) merupakan laptop ultra-portable yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Ia merupakan standar untuk laptop ultra-portable modern. Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED ini juga telah berevolusi dan kini tampil dengan desain yang lebih ringkas, ringan, berkelas serta dibekali fitur-fitur yang dapat mempermudah para pengguna seperti 180° ErgoLift Hinge. Nah Fitur tersebut dapat membuat pengguna untuk dapat mengetik dengan lebih nyaman terkhusus untuk para blogger yang bisa mengetik berjam-jam fitur ini akan cukup membantu kita. Sisi lain ada fitur NumberPad 2.0 yang membantu pengguna untuk melakukan input angka secara lebih cepat, dan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power membuat proses login menjadi lebih cepat dan mudah. 

  

        Layar ASUS OLED di Zenbook 14 OLED (UM3402) sendiri menggunakan resolusi 2,8K (16:10) pada layarnya dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang ternyata mampu menampilkan visual dengan ragam warna yang sangat meriah dan akurat, ditambah tidak merusak kesehatan mata. Untuk rasio layarnya  juga dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya bisa beraktivitas secara lebih produktif dan nyaman.


Teman karir di industri Kreatif 

 

        Menariknya lagi, Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED ternyata telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung lho, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR (keren banget gak sih) dan telah tersertifikasi VESA Display HDR True Black.  Sederhananya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif saat ini. Jadi bisa dikatakan  konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin tingkat akuratnya sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh  pembuat konten itu sendiri. jadi gak salah sih di sebut teman karir industri kreatif.


         ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care yang mana Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang, pastinya  ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi pendukung untuk low-blue light dan anti-flicker. Belum selesai dengan fitur eye care, Asus Zenbook 14 OLED (UM3402) juga bisa diandalkan dalam menunjang kegiatan meeting online dengan kondisi pencahayaan yang kurang.  Teknologi 3DNR pada kamera di Zenbook 14 OLED (UM3402) didesain untuk menolong kita yang selalu kesulitan dalam menemukan posisi spot untuk meeting virtual, bukan hanya dalam kasus pencahayaan,  fitur pendukung lainnya yaitu AI Noise-Cancelling diciptakan untuk membuat para pengguna Zenbook 14 OLED (UM3402) tidak perlu khawatir dengan suara bising semisalnya kalian tinggal di daerah dekat jalan utama, fitur-fitur ini seakan  didesain untuk menjawab keluh kesah para wfh yang dramanya demikian, entah rapatnya hingga keributannya  yang membuat kesulitan.  Sperti yang saya sebutkan di awal judul Asus Zenbook 14 OLED ni memang di desain untuk teman karir.

Beragam fitur pendukung ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

 

        "Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu  menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan kita lebih nyaman mengekspresikan diri dan dengan cara kerja terbaik. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas sepanjang hari." 


Dilengkapi Office Pre- Installed  


         Semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh para  penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita untuk selalu memiliki akses ke fitur yang kita kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data. 

ASUS Zenbook 14 OLED (UM340 Juga dilengkapi 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin


 Desain Ringkas Ringan Tapi Tidak Gampangan.


        Didesain sebagai laptop ultra-portable yang cukup kompleks serta mudah dan nyaman untuk dibawa kemana saja, leptop ini di sulap mempunyai bobot hanya 1,39 Kg serta memiliki ketebalan yaitu 16,9 mm. Sekalipun  ringkas dan ringan nyatanya Zenbook 14 OLED (UM3402) kompenen port yang lengkap artinya  power delivery sehingga para penggunanya tidak perlu lagi dongle.



     Mengadopsi desain yang ringkas dan ringan nyatanya Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap mampu muncul dengan performa yang sangat baik dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 5625U  dan konfigurasi 6 core 8 thread serta dibekali chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Graphics,  Adapun baterai mencapai  75 Wh atau bertahan hingga lebih dari 9 jam, .



Main Spec.

Zenbook 14 OLED (UM3402)

CPU

AMD Ryzen™ 5 5625U Mobile Processor

(6-core/12-thread, 16MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 550nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

Up to 1080p FHD camera

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified

Battery

75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension

31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.39 Kg

Colors

Jade Black

Price

Rp11.999.000

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


     Gimana ni kalian tertarik, kalau saya sangat banget tertarik cuma mengingat dana aja yang masih sakit-sakitan. untuk harga demikian dengan segala fitur yang sudah saya sebutkan dan yang saya lewatkan ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402), cukup worth it terutama karena jenis yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan teman karirmu. 

      #Review #teknologi #leptop #Asus