Rekomendasi 5 jenis kuliner khas Aceh yang wajib dicicipi

Berwisata ke Aceh sungguh tidak lengkap tanpa mencicipi jenis kuliner khas dari Aceh yang begitu banyak.. Ada beragam jenis makanan yang mempunyai nilai histori  dan proses pembuatan yang unik yang mana bisa kali intip dan nikmati langsung kulinernya.  Berikut 5 Rekomendasinya jenis kuliner khas Aceh ang wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke Aceh...


1. keumamah

    Dikenal juga dengan ikan kayu, kuliner yang satu ini merupakan masakan khas Aceh dengan cita rasanya yang cukup menantang lidah kemama atau ikan kayu merupakan kuliner yang terbuat dari ikan tuna yang direbus sebelum dikeringkan dalam beberapa hari. keumamah bisa dikatakan sebagai bahan pokok yang proses pembuatannya cukup unik dengan memanfaatkan ikan kayu dan asam sunti orang-orang  bisa menyulap kemamah menjadi beragam jenis hidangan mulai dari keumamah santan atau keumamah tumis. era perang Aceh berkecamuk orang orang memanfaatkan ini sebagai bahan utama karena mudah dibawa dan diolah. 

Sumber @ikankayu_mamicut 

2.  kuah Beulangong

    Kuah Beulangong merupakan masakan khas Aceh yang paling mudah dijumpai di beragam tempat makan yang mempunyai ciri rasa authentic yang sangat khas, konon orang-orang dulu bahkan percaya jikalau kuah beulangong disisipi sedikit bumbu ganja sehingga terasa lebih nikmat. dengan bahan pokok daging sapi kuah belanga ini mempunyai beragam jenis bahan pendukung yang menggambarkan karakteristik dari beragam daerah di Aceh ada yang menggunakan batang pohon pisang ada juga yang menggunakan buah nangka hingga buah labu. kuah belangong ini juga menjadi ciri khas ketika di acara resepsi pernikahan, menariknya lagi adat yang menyadi ciri khas disini ialah jikalau kuliner yang satu ini dimasak oleh lelaki kala hajatan atau resepsi pernikahan.

3. Sambal ganja

    Menggunakan istilah ganja ternyata tidak bagian dari bumbu kuliner ini, istilah ganja pada sambal ini diberikan karena karakteristiknya yang sama yaitu bikin candu. sambal ganja sendiri memanfaatkan bahan yang cukup sederhana dan mudah dijumpai, dengan ciri khasnya yaitu belimbing asam sunti. sambal ini umumnya dipasangkan dengan udang yang penyajiannya digoreng pada beberapa kasus bahkan cuma direbus. cukup sederhana namun rasanya benar-benar bikin ketagihan sehingga pantas disebut sambal ganja.

4. Kopi Khop

    Terkenal dengan ciri khasnya yang dinikmati dengan cara gelas terbalik, kopi ini mempunyai aroma yang sangat kuat, yang mana bisa dijumpai di setiap warung kopi di Aceh bahkan Aceh sendiri terkenal dengan daerah seribu warung kopi tentu akan sangat mudah menemukan kopi itu grup ini, asal usul penyebutan topi tubuh terbalik sendiri ialah karena asalnya yang berada di daerah pesisir yang bisa kemasukan pasir sehingga cara meminumnya dengan posisi gelas yang terbalik.

sumber @Meulaboh_Corner

5. timphan

     Timpan merupakan salah satu makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung telur dan parutan kelapa serta dibalut dengan daun pisang muda yang segar, mudah ditemukan di acara resepsi atau di warkop juga, kuliner satu ini layaknya icon menarik yang ada khusus pada saat hari besar agama Islam seperti hari raya idul Fitri idul Adha bahkan banyak ungkapan atau peribahasa dengan kata timpan seperti merasa yang artinya hari baik bulan baik,  timpan ibu buat harus dapat dirasa.



#kulineraceh #bandaaceh #aceh #wisataaceh #kulinermedan #kuliner #kulinerbandaaceh #kulineratjeh #kulinerjakarta #indonesia #lhokseumawe #masakanaceh #acehbesar #acehviral #jajananaceh #dimsum #dimsumaceh #kotabandaaceh #kulinernusantara #acehfood #sigli #cemilan #kulinerindonesia #kulinerbandung #indonesianfood #uleekareng #foodphotography #dimsumenak #dimsumbandaaceh #gofood

1 comment:

  1. Semuanya makanan favoritku, semuanya susah di dapat di JKT iniiiii 🤣🤣😭.

    Kangeeen banget makan kuah belangong. Tapi kemarin temen ada KSH rekomendasi resto Aceh yg baru buka dan katanya enak. Aku belum sempat kesana mba. semoga aja semua menu di atas ada 😄.

    Ama kanji Rumbi aku pengeeen banget😍

    ReplyDelete