Intip Pesona Alam Yang Tersembunyi di Lhok Seudu


Perjalanan kali ini cukup menarik karena lokasi yang dituju masih belum terdetect di postingan akun wisata aceh, yapz tempat ini masih terbilang cukup asing di sosial media.  Adapun nama tempat wisatanya ialah Pulau Meurandeh dengan lokasi di seberang petronas KW versi Aceh, hoho. Agak menarik karena ternyata tempatnya ada pulau yang sering kami intip dari seberang jalan.

     Perjalanan ke sini sejujurnya penuh dramatis, kami menempuh waktu dari Banda aceh ke lhoksedu kurang lebih lebih 1 jam mengendarai sepmor tepatnya di  Kawasan pelabuhan para nelayan tapi saya lupa istilanyanya apa, dan berlanjut dari sini kami mengendarai boat dengan menyewa jasa nelayan yang berperan sebagai navigoator, kurang lebih 45 k kala itu per orang, beliau bertindak sebagai pemadu kami, jadi seharian kami kesana ada yang arahin karena ada beberapa lokasi di seberang yang kami tuju. Lanjut setelah naik boat dalam waktu lima menit kami harus jalan menapaki semak belukar lagi untuk menuju belakang pulau yang menjadi target utama kami, kondisi iklim aceh yang panas ditambah di laut siang jam 11 sungguh membuat wajah menjadi merah gosong. Atmosfernya hiking banget. Kami juga sempat di perlihatkan bekas Kawasan wisata “lampuuk tempo dulu” sebelum tsunami 2004 di aceh melanda gak nyangka banget ternyata daerah sini Kawasan lampuuk dulu. Saat itu kami berjalan kaki kisaran 40 menit.

      Nah berutungnya setelah hadeh haduh ngeluh capeknya, rasa Lelah gosong saya  terbalaskan juga kala sampai di lolaksi utama, di balik pulau yang terlihat kosong hambar dan berlukar ternyata terselubung keindahan alam yang cukup memukau lagi kaya akan keragaman lautnya. Saya tidak menyangka kala perjalanan kaki membelah pulau yang bersemak belukar ini menyimpan pemandangan yang sangat indah hamparan luas lepas terpampang indah. Batu karang berserta biota laut disini masih terawat baik, tempat ini terlihat layaknya Eky Momosng resort tapi versi tak ada pengunjung. Banyak makhluk alam yg bermunculan terkhusus keong yang malah berkerumun menghampiri kami kala makan siang ckckc. Dan disini capung nya ramee banget sumpah, Kalian tahu kan kualitas bagus suatu tempat bisa dilihat banyak nya capung. Nah kalau merasa tempat kalian sudah asing dengan hewan ini, mungkin dia sudah transmigrasi kesini hihi..

salah satu biodata laut yang ditemukan berteberan disini, hewan dari filum Echinodermata yaitu Colobocentrotus atratus yang memiliki bentuk unik.
Disini banyak ikan warna warni bertaburan, batu karang cukup aman juga padahal belum sampai keseberang. 

di balik batu inilah tersembunyi pesona alam di lhokseudu yang begitu cantik, viewnya selayaknya photo pertama 
    
Perjalanaan kami tak berakhir disini setelah explorer banyak biodata laut unik disini kamipun hijrah ke pulau seberang dan kesekian kali pikun perihal nama pulaunya apa, soalnya gak terlalu menarik pulau kedua lebih banyak duka ketimbang suka, serasa neraka agak dramatis karena semua dipenuhi batu karang sehingga shalat di atas ranjau tak terlupakan, anyway kami tidak mandi di pulau Meurandeh karena ombaknya yang besar dan laut lepas, jadinya mandi di pulau kedua pulau yang kaya akan ranjau atau pulau kaya akan karang inilah kami nyemplung dan efeknya pula kaki pegal karena capek jalan ditambah sakit injak ranjau menyatu jadi satu. yaap begitulah padaha akhirnya kemanapun bertualang selalu ada moment dramatisnya.  hoho 

  #acehvacation  #pecintaalamaceh #acehhits #selebgramaceh #travel #unsyiah #wisataindonesia  #awesomeaceh #exploreindonesia  #wisataacehbesar #lhokseudu #ekymomongresort 

12 comments:

  1. Baru kali ini denger namanya mba, benar2 hidden gem banget yaaaa. Padahal aku lama tinggal di Aceh 😄😅.

    Aku kangen Lampuuk pas liat foto di atas. Dulu sempet tinggal di sana walo ga lama. Kayak apa ya skr...

    Biota lautnya unik2 dan aku agak geli liat binatang yg ungu di atasss , tapi penasaran 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak pertama agak-agak geli tapi waktu dipegang ternyata keras kayak tempurung dan batu karang gitu dan banyak banget lagi gk tahu matanya dimana🤣

      Delete
  2. Cantik sekali pantainya ehh tapi boleh berenang kah? Daku belum pernah ke Aceh euy. Alamnya indah ya.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah seru banget Mbaa.. Pulaunya nggak banyak disebut di medsos tapi pesonanya luar biasa. Biota lautnya juga unik-unik yaa, bertebaran pula di laut yang dangkal. Asyiknya..

    ReplyDelete
  4. Masya Allah menyenangkan banget ya alamnya masih asri banget semoga ngga jadi tujuan wisata deh biar alamnya yang indah tetap terjaga hehe

    ReplyDelete
  5. Hidden gem banget ya mbak, nama nya pun masih cukup asing buat ku.
    Perjalanan ke Pulau Meurandeh sangat penuh cerita ya. Tidak mudah, namun berhadiah view yang sangat menakjubkan. Hadeuh, hadeuh nya berubah jadi masya Allah tabarakallah. Perjalanan yang memberikan kesan mendalam pasti nya.

    ReplyDelete
  6. Ombaknya luar biasa yaa..
    Di Pulau Meurandeh ini belum ada penginapan kah?
    MashaAllaa yaa.. biota lautnya terbilang unik dan langka. Buat yang ga paham, bisa minta bantuan google lens, hihihi.. tapi ada yang berbahaya ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman semua jenis yg ramah di lihat tapi gk tahu jalau di sentuh hihi

      Delete
  7. Biota lautnya unik-unik yah. View pulaunya juga indah banget cuma sayang ya pulau kedua itu banyak ranjaunya. Jadi tantangan tersendiri ya mandi di pulau yang banyak karangnya

    ReplyDelete
  8. Cakep banget pemandangannya. Ada biota yang enggak biasa ditemui juga ya. Jadi punya pengalaman yang menyenangkan kalau berkunjung di sana.

    ReplyDelete