Tips berpuasa bagi penderita asam lambung dan gerd

Bulan puasa tentunya menjadi sebuah tantangan baru terutama bagi mereka penderita asam lambung, tak main-main jumlah penderita asam lambung dan gerd ternyata berada di urutan yang sangat tinggi terkhusus lagi para mahasiswa umumnya yang sering punya jadwal makan yang buruk lantas bagaimana solusi ketika berpuasa dengan jam makan yang berubah total? 

     Nah kali ini saya ingin share tips  berpuasa ala saya untuk menghindari kambuhnya asam lambung di bulan Ramadan.. Ketika berpuasa umumnya lambung kita mengalami adaptasi baru, kita yang nyatanya tidak biasa telat makan akhirnya harus membiasakan Habit baru selama 30 hari, sehingga jauh-jauh hari harus mempersiapkan mulai dari menu dan jadwal baru..  Berikut tipsnya...

1. Menu berbuka hingga sahur.

Menu sahur berdampak sangat penting untuk mereka yang mempunyai riwayat asam lambung atau gerd,  umumnya ketika puasa jenis makanan kita itu tidak jauh dengan makanan yang berat dan berminyak sehingga membuat lambung kita lama dalam prosesnya hal ini perlu dihindari untuk mengurangi risiko asam lambung kambuh karena ketika sahur atau berpuasa umumnya jenis makanan yang kita makan lebih meriah dari hari-hari normalnya. Baca selengkapnya  Jenis menu sahur untuk penderitaan asam lambung dan gerd

Pantangan menu berbuka puasa bagi pendera magh dan asam lambung 


2. Kekenyangan tidur

Ada sebuah hadis yang menjadi rujukan orang-orang untuk membela membenarkan diri yg tidur lama ketika puasa yang mana inti dari hadis itu tidur di bulan puasa pun ibadah. padahal hadis ini dhaif bahkan dalam satu juga disebutkan palsu. Bagi penderita gerd sebenarnya ini sangat tidak direkomendasikan karena kondisi ketika kita tidur perut kita dalam keadaan penuh ketika siap sahur. sebagaimana aturan  untuk para penderita gerd ialah tidak boleh langsung tidur setelah makan 20-30 menit, atau pada kasus siangnya ketika tidur panjang perut kita dalam keadaan kosong yang mana di dominasi oleh gas juga sehingga bisa menyebabkan asam lambung naik. Sehingga ada rekomendasikan sembari menunggu adzan subuh bisa ngaji ngejar berkah Ramadhan.

3. Menahan amarah

Kebanyakan dari kita tidak menyadari sekiranya salah satu penyebab asam lambung atau kambuh ialah karena stres dan salah satu bentuk dari pencegahan stres ialah pengendalian diri terhadap amarah sebagaimana salah satu tujuan dari puasa ialah menahan diri dari segala hal-hal yang membatalkannya terlepas dari makanan menahan diri dari gosipin orang memarahi orang atau amarah ini yang sering kita tidak sadari dan ini sebenarnya yang paling sering menyebabkan orang kambuh asam lambungnya.

4. Minum berlebihan

Ini adalah kebiasaan kita ketika berpuasa, minum berlebihan baik itu ketika sahur maupun berbuka puasa. Kondisi ketika kita berbuka puasa selalu diawali dengan beragam jenis air manis khusus lagi mereka yang suka berbuka puasa dengan air teh yang mana sistem dari air teh sendiri itu menyerap zat besi di tubuh kita  dilain pihak ketika kita menenggak air yang berlebihan sehingga membuat kita kenyang karena air bukan lagi karena makanan berefek juga bisa memicu asam lambung naik karena full air, kondisi ini juga berlaku ketika sahur tidak hanya menyebabkan kita kenyang air saja tapi jadi sering ke kamar mandi dan membuat kita jadi lebih sering haus ketika sedang berpuasall.

No comments:

Post a Comment