Menu sahur untuk penderita asam lambung

Musuh di bulan puasa bagi penderita gerd, magh dan asam lambung cukuplah banyak, sebagai seorang yang mempunyai riwayat asam lambung, saya menyadari bahwa ini adalah salah satu hal yang perlu saya tulis di blog untuk saya pribadi baik sebagai pengingat dan juga sebagai referensi bagi sebangsa yang sependeritaan pada kasus yang sama. 


     Sahur adalah komponen terpenting yang akan  menentukan dampak jangka panjang. ketika berpuasa, pemilihan jenis makanan bagi kita penderita gerd sangatlah penting. Para penderita gerd atau asam lambung umumnya mempunyai banyak sekali pantangan yang paling sering muncul terkhusus di saat puasa. Sebagai contoh ketika berburu takjil semua jenis makanan yang di perjual belikan umumnya yang menjadi pantangan kita, contoh gorengan dan ini belum ke tahap sahur di mana tahap sahur mempunyai posisi yang lebih vital karena ia yang akan menahan kita selama 12 jam ke depan, jadi menu sahur sangat penting untuk menjaga stamina kita apalagi bagi para penderita gerd atau asam lambung. 
Berikut adalah jenis-jenis makanan yang perlu dihindari ketika sahur
1.Makanan asam
2. Makanan asin
3. Makanan pedas
4.Makanan bersantan
5. Makanan berkeju
6. Makanan berminyak


          Sejujurnya jenis makanan di atas terlihat mustahil untuk dihindari karena hampir semua jenis di atas masuk ke dalam kondisi makanan sehari-hari bahkan, belum lagi mie yang menjadi salah satu opsi sahur anak kos sangat sulit dihindari. Namun yang bisa kita lakukan ialah untuk mengurangi dalam bentuk antisipasinya seperti makan pedas tapi takaran pedasnya masih bisa dimaklumkan mengimbangi dengan makanan yang baik untuk pencernaan atau buah-buahan yg direkomendasikan bagi penderita asam lambung seperti makan pepaya sebelum makan berat atau apel pisang dan melon. Jenis buah-buahan ini bisa menjadi penetral sebelum kalian makan makanan berminyak atau bersantan, kondisi lain bagi para penderita gerd atau asam lambung sangat direkomendasi untuk makan sayur-sayuran yang hijau seperti brokoli bayam dan sejenisnya, jadi ketika kalian ingin makan ikan yg berminyak atau pedas pastikan kuahnya adalah penetral,  jenis menu lain yang direkomendasi untuk mereka para pengidap asam lambung yaitu makanan yang dikukus ini sangatlah baik untuk kita dan juga makanan yang dibakar selayaknya ikan bakar, poin selanjutnya ialah hindari juga minuman-minuman yang bersoda dan juga teh maupun mie yang biasanya ini menjadi kebiasaan para mahasiswa atau perantau ini menjadi salah satu komponen yang paling sering menyebabkan asam lambung kumat.  

     Sisi lain para penderita gerd sangat rekomendasikan untuk selalu menyediakan air hangat baik berbuka puasa maupun ketika sahur sehingga sebelum pencernaan mulai bekerja semua gas di dalam lambung keluar.  Air hangat imbarat bestie untuk penderita asam lambung. Ini menjadi tindakan pertama yang saya lakukan ketika merasa ulu hati mulai tidak nyaman. Selain menu makanan di atas Kita juga harus memperhatikan kebiasaan lain seperti setelah makan sahur tidak langsung tidur Karena itu akan membuat asam lambung kumat, atau tidur terlalu lama.  Mengontrol diri dengan menu sahur saja tidak akan cukup karena nyatanya penderita gerd hingga asam lambung mempunyai pantangan yang dua kali lebih banyak ketika berpuasa dari orang umumnya mulai dari jenis menu sahur dan berbuka puasa sampai kebiasaan kala puasa. 

#ramadhan #puasa #moslem


No comments:

Post a Comment