Beginilah Tips menghafal Quran terbaik



Assalamualaikum, and welcome back on my blog. Nah lama bagi saya tidak update artikel islami. Dan akhirnya kembali saya update post edisi muslim, berhubung kemarin saya  sudah nulis tapi baru teringat. Alhasil terealisasikan hari ini. 

untuk kali ini saya ingin membahas beberapa metode hafalan ala saya dari beberapa versi yang saya temukan, baik dari syekh palestina yang saya lupa nama beliau kala kegiatan seminar bertajuk palestina, hingga metode hafalan versi teman saya yang hafiz 30 juz, tapi saya bukan hafizah ya, saya juz 30 aja dulu  hehe.  intinya saya ingin berbagi resep ala Hafiz,  dari pengalaman mereka yang saya dengar jadi semoga bermanfaat.


  • Membaca arti hingga Asbabul nuzul sebelum menghafal atau meminta ustad menjelaskan makna ayat sebelum memulai. 

Nah pertama yang paling perlu kita pelajari sebelum mulai menghafal ialah, memahami tentang ayat tersebut, baik dari arti hingga asbabun nuzulnya, hal ini sangat membantu kita untuk mengingat ayat tersebut yang dibantu dari pemahaman tentang dasar ayat tersebut. 


  • Menyebut urutan ayat setiap membaca ayat keberapa
Pernahkah kita memperhatikan orang yang bisa membaca surah dengan posisi ayat dari bawah keatas? Hal ini ternyata berawal dari hafalan per ayat yang selalu dimulai dengan menyebut kan no ayatnya, sehingga ketika diacak tetap mengingat urutan no ayat tersebut. Misal : “Al baqarah ayat 5 (membaca ayatnya ). Kita bisa memilih membaca no ayat terlebih dahulu atau membaca ayat terlebih dahulu dilanjutkan dengan urutan no ayat, ini bisa disesuaikan sebagaimana nyaman dalam mengingatnya.



  • Menghafal dan murojaah bersama
Pertama ialah memulai membaca bersama teman teman secara serentak, hal tersebut cukup ampuh, bisa dibaca hingga berulang kali sebelum dilanjutkan dengan mencoba menghafal dan apabila sudah mulai diperkuat dengan saling menyambung ayat untuk mengukur tingkat hafalan yangsudah dijangkau.


  • menghafal 1 ayat lebih dari pojok guna mudah mengingat lanjutan
Nah untuk hal ini sangat ampuh untuk kita yang mempunyai kebiasaan sering lupa ayat lanjutan dihalamanya selanjutnya. Dengan menhafal satu ayat halaman selanjutnya kita terikat terus dengan halaman selanjutnya



  • Tiap Ba’da subuh dalam sekali duduk sambil mendengar irama qari melalui handset jari menunjuk kemushaf selama satu jam
Metode ini berguna untuk mengulang hafalan yang ampuh, anda juga bisa menyesuaikan dengan tempo irama yang disukai. 



Untuk mengulang dibacakan dalam setiap shalat 
Selain dengan mendengar rekaman pastikan kita juga mempraktekan nya dalam kehidupan sehari-hari, dan salah satu cara praktek yang paling bagus ialah mengulang dalam hafalan shalat wajib, sehingga selalu terpakai ayat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 


  • Setiap 10 ayat langsung diamalkan dalam kehidupan sehari hari 
Ini juga shalat satu metode untuk menjaga hafalan selain mengulang dalam shalat, dengan mengamalkan nya 10 ayat sehari-hari maka akan menjadi kebiasaan baru yang semakin membantu mengingat hafalan, karena langsung teringat dengan ayat tersebut jika bertindak dengan penyimpangan. 


  • Jaga sikap, lisan, mata hingga pendengaran 
Perihal ini mengarahkan untuk menjaga hafalan, karena tipikal kemampuan orang cukup beragam dalam mengingat, ada yang mudah hafal tapi cepat lupa, ada juga yang susah menghafal tapi juga susah untuk lupa hingga ada yang susah menghafal dan mudah lupa, disinilah sikap membantu, ketika menjaga lisan hingga sikap, maka kemampuan ingatan akan membantu karena kecerdasan otak juga mempengaruhi, bahkan pada kondisi tertentu perbuatan mampu membuat  otak mencuit Oleh karena itu menjaga akhlak akan membantu hafalan juga. 

4 comments:

  1. Trims...u tips..nya..sngt mmbantu u hapalkan alquran..

    ReplyDelete
  2. Poin terakhir itu penting banget ya.. Dosa dan maksiat bikin hafalan cepet lupa 😅😅

    ReplyDelete
  3. ia saya juga paling berasa no terkhir untuk di pegang...

    ReplyDelete
  4. Masya Allah semoga diterapkan yaa🌷

    ReplyDelete