Siapkan Tulisan, Beginilah Cara Melihat Kepribadian Melalui TulisanTangan

Hallo, back on my blog
                Baiklah hari ini saya mengambil tema tentang Grafologi yaitu persoalan analisis tulisan tangan, yes. Karena kebetulan bebebarapa minggun kemarin saya baru saja menyimak liputan ini di grup WA yang kajiannya disampaikan oleh seorang grafolog (handwriting analyst) yang bernama Fitri Yulia Agustina, (Mungkin ada yang kenal atau satu grup kemarin, Cuma gk sadar  hehe)
                Nah to the point, grafologi adalah ilmu pengetahuan tentang memahami hingga mengevaluasi kepribadian seseorang yang diungkap melalui tulisan. Mungkin ada yang bertanya ini mistik atau apa ya, sejenis kayak baca  tanda ditangan gitu ya?   Atau, Sains kayak psikolog gitu?  Terus kalo orang yang tulisannya beda beda gimana ya? Berkepribadian ganda gitu. Nah kalo ada yang  memunculkan sejenis pertanyaan begini, Berarti kita sama. Haha. Nah setelah mengikuti seminar modal WA ini akhirnya saya tahu lebih perihal grafologi. Yes


                Grafologi ini adalah metode ilmiah dan ilmu yang bersifat klinis. Dasar analisa yang diterapkan berasal dari serangkaian penelitian yang telah terstadarisasi dan memenuhi kriteria uji ilmiah secara sistematis.  Jadi kalo misal dikatakan ada kaitanya dengan psikolog tidak salah karena dari dari asal lahirnya grafologi, banyak jurusan psikolog telah diajarkan. Namun sejarah awalnya grafologi telah berkembang sendiri jauh sebelum lahirnya psikologi, Dan kabarnya sejak zaman pra-sejarah baik tiongkok dan Romawi, telah banyak para pemikr dari tokoh yang mengenai kaitan tulisan tangan dengan watak penulisnya.  
                Ada tiga aspek yang dapat diungkap yaitu :
1.Aspek fisik, yaitu dapat mengungkapkan odentitas dan status fisik. Maksutnya jika serang secara fisik merasakan sakit maka akan mudah dikenali terutama mereka yang stress dan frustasi
2.Aspek mental. Yaitu mengungkpakan kecerdasan bawaan fungsional yang akan mengarahkan pada bakat dan kemampuan seseorang
3.Aspek emosi, yaitu mengungkapkan bagaimana cara kita berpikir bertindak dan merasakan sesuatu, Tanpa sadar sebuah kata atau rangkain yang kita tulis dapat mencerminkan ego dari diri penulis.

Tulisan tanaan dapat mengungkapkan ratusan unsur kepribadian dan karakter seseorang yang terdiri dari pemikiran bawah sadar, reaksi emosional intelek, motivasi, imajinasi, intergritas, bahkan bahkan hasrat seks hingga keyakinan.  Ada lebih dari 100 ciri individual yang diungkapkan dengan jumlah kombinasi yang tak terbatas.

Lantas timbul pertanyaan, bagaimana Tulisan Tangan bisa bisa mengungakpkan kepribadian? Hal ini karena otak atau pikiran menyimpan rekaman hal yang dialami oleh seseorang sepanjang hidup. Apa yangkita tulis, bagaimana kita menulis, kecepatan kita menulis. Semuanya telah diatur oleh otak . itulah alasan bahkan ada yang yang bisa menulis dengan kaki. Sifat kita mempersentasikan pola pada sistem syarat diotak, Dan tiap pola pada sistem otak akan menghasilkan gerakan unik dari syaraf otot. Saat menulis gerakan tersebut tidak kita sadari. Masing masing gerakan menulis mengungkapkan ciri kepribadian yang spesifik, Oleh karena itu gerakan kerakan otot syaraf yang dipakai saat menuis dipengaruhi oleh kepribadian. Dan itulah kenapa kita disekolah guru mengajarkan sama tapi tulisan kita yang bebrbeda.

Oya, aurasi grafologi sebagian besar profesional mengkail 85-95% akurat. Semakin tinggi jam terbang grafologi, semakin akurat hasilnya, dan dari pengalaman mbak Fitri Tingkat Akurasinya ketika menganalisis diatas 95 bahkan sampai 100%. Dan jaman now pun Grafologi sudah semakin canggih perkembangannya dan manfaatnya, banyak persusahan memanfaatkan ilmu ini untuk menganalisis calon kandidat karyawan ketika recruitment. Dipihak lain juga dibidang forensic juga sering igunakan untuk mengukapkan motif kejahatan dan kejiwaan pelaku . Dan dari cerita mbak Fitri, beliau pernah mengungkapkan kasus pencurian lho dengan modal  tulisan tangan, wih keren.   

  Perlu kita ketahui, grafologi tidak berkaitan dengan baik buruknya tulisan. Grafologi menganalisis  tulisan tangan dengan cara mengamati tulisan (traits ) yaitu  Tekanan, margin kiri kanan atas bawah atas bawah , arah tulisan hingga ukuran huruf dan zona awalan akhiran. Jadinya dengan mengetahu kekuatan dan kelelmahan kita bisa mengoptimalkan hingga memperbaiki karater kita kedepannya agar lebih baik.

Lantas bagaimana ciri-ciri yang merugikan apakah yang harus dilakukan, ? hmm ternyata dengan mengubah tulisan tangan atau memperbaiki tulisan mampu mengubah karakter, hal ini graphotheraphy (perubahan karater yang merugi melalui  perubahan tulisan tangan )   . Nah untuk melihat karakter tulisan anda, silahkan cek lanjutan postnya ya. 

1 comment: