mencintai hewan dalam pandangan Islam

               Happy world animal day

Tahukah kalian 4 oktober diperingati sebagai hari binatang ?

  

ya kebanyakan dari kita kurang tahu, bahkan termasuk saya yang sedang menulis artikel ini. Saya pribadi baru mengetahui nya dari beranda saya tadi sore, dan berhubung saya termasuk pencinta Hewan , terutama yang Comel-comel..                

              

  Mulanya perayaan hari binatang sedunia dilaksanakan pertama kali di Florence, italia yaitu pada tahun 1931. Bermula dari sebuah jamuan kepada  pecinta alam dan pelindung binatang hingga lingkungan. Dan juga pada kondisi yang bersamaan dengan pemberkatan kepada hewan dari gereja di tanggal 4 oktober.
               Sebagai makhluk dengan rantai tertinggi / saya  menyebutnya khalifah: pemimpin yang di beri petunjuk ( kita diberi akal untuk berpikir dalam setiap perbuatan),  maka sepatutnya kita meletakkan sesuatu sesuai apa yang kita ikrarkan dulu. Nah  walau perayaan ini bukan berawal dari Islam tapi tetap dalam islam pun adanya perintah untuk menyayangi binatang , (sebenarnya  dalam setiap agama memerintahkan demikian) kebetulan saya muslim maka saya akan menyampaikan sesuai perspektif agama saya.
                Dalam sebuah riwayat, Allah mengajukan pertanyaan kepada makhluk Nya, Yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan untuk menjadi pemimpin dibumi, namun binatang menolak begitupun dengan tumbuhan mereka merasa tidak mampu memegang amanah yang besar, dan ketika ditanya kepada manusia, maka manusia menyanggupinya. Alhasil manusia lah yang menjadi khalifah. Manusia diberi amanah untuk mejaga kedamaian, dan ketenangan dan beberapa amanah lainnya di bumi , tapi apa daya manusia tak mampu juga, dan alhasil lihatlah kehidupan hari ini?.  memang kekacauan akan terjadi, karena  kalau tidak untuk apa ada neraka, kadang saya juga berpikir demikian ??
                Islam sangat memperhatikan sedetailnya, hingga alasan kenapa kita tidak boleh buang air kecil dan besar di sembarang, karena bisa juga mengganggu kehidupan  binatang yang bertempat tinggal dilubang, seperti semut, dan jenis serangga lainya.   Dipihak lain ketika qurban di saat metode penyembelihan yang dilaksanakan, ternyata membuat binatang tidak kesakitan,  hal ini dikarenakan metode yang dilaksanakan dalam islam sangat memperhatikan hingga ke unsur- unsur terkecil, dalam penelitian yang pernah dilakukan oleh dua staf ahli perternakan disalah satu universitas jerman yaitu perbandingan penyembelihan versi islam dan modern atau pemingsanan.  Dan ternyata bukti memberitakan jikalau penyebelihan versi islam terbaik. Subhanallah  ya.
                Tidak hanya terbatas pada hal tersebut, islam juga sangat mengutuk mereka yang berbuat jahat ke binatang, dan memberkahi mereka yang berbaik budi kepada binatang. Sebagai contoh seorang wanita yang masuk neraka karena mengurung kucing, hingga kucing meninggal tidak bisa mencari makan, atau kita juga sering mendengar hadis tentang seorang Wanita penghibur yang masuk surga setelah meninggal karena menolong seekor anjing yang yang kehausan. Hal tersebut adalah salah satu bukti, sekalipun anjing najiz dalam islam tapi tetap kita harus menolong jikalau dalam keadaan perlu. karena bisa disucikan lagi. Mana tahu melalui menolong binatang yang haram itulah kalian dapat surga, kan mana tahu…               
                  Namun fenomena saat ini banyaknya perlakuan yang semena mena terhadap binatang, saya masih ingat tentang video yan viral, yang berisi tentang seorang yang melempar pentasan kearah monyet yang mengadah tangan meminta makan kepada pengujung, bagi saya itu terlalu biadab, karena tanpa alasan atau hanya hiburan ia telah menyakiti yang lain, alhasil si monyet terluka saya bahkan terbayang kala itu jikalau ia memasukan kedalam mulut. Saya juga pribadi agak kesel terkadang dengan orang yang memelihara burung didalam sangkar yang minim sekali, bayangkan makhluk yang ruang hidupnya menjulang sampai keangksa dibatasi dalam sangkar yang bahkan gak sampai 1 meter, saya membayangkan kondisi saya yang dikamar sehari saja mengendap gk keluar rumah serasa beruban. Lantas bagaimana dengan burung yang tempat mainnya di angkasa harus mengabiskan waktu nya disangkar hampir seumur hidup? Sungguh menyiksa.!!!
                     Banyak kasus yang kita dapatkan berisi penyiksaan binatang mulai , dan yang paling saya benci adalah kondisi dimana orang menabrak hewan dijalan dan tidak ada yang memindahkan kepinggir  baik dari penabrak untuk menguburkan atau mereka yang melihat. Mereka membiarkan hingga tergilas tak berjejak dijalan, entah anjing kucing apapun itu, sungguh miris.

                Padahal semua merasakan rasa sakit, sekecil apapun, segala yang bernyawa pasti merasakan sakit, jadi jangan menambah lagi penderitaan karena setiap perbuatan pasti diminta pertanggung jawaban ya.. mungkin lebih tepatnya ini adalah isi curhatannya saya sebagai pencinta binatang saya juga suka memelihara binatang dulunya, bahkan saking cintanya saya binantang setiap minggu saya dapat kiriman kucing misterius, terkadang juga tetangga saya juga memberikan anak burung yang ditemukan jatuh dari sarangnya untuk saya pelihara. Dan beberapa binatang lainnya. Saya pribadi hanya berharap agar kita mau sedikit membuka dan membenahi diri untuk berbaik hati kepada setiap makhluk yang bisa merasakan sakit hingga mati kelak nanti.  

5 comments: