Review film a Great journey ( Le Grand Voyage ) Perjuangan muslim mengejar rukun islam ke 5

Kegemaran dan kesukaan dengan film bertemakan perjalanan akhirnya mempertemukan saya dengan film ini, namun siapa sangka jikalau hal ini ternyata berceritakan tentang perjalanan orang yang ingin melakukan ibadah haji. Film bertemakan perjalanan haji sebenarnya sudah pernah juga saya temukan versi Indonesia yaitu Haji backpacker. Namun film ini mempunyai konsep yang berbeda.
     Film Haji Backpacker berceritakan tentang orang yang melakukan perjalanan solo, layaknya backpacker yang bermodalkan nekat dan tekad secara umum, seperti yang kita temukan saat ini (Sampai-sampai  keluar edaran baru  dari kemenag perihal larangan haji dan umrah backpacker atau mandiri “Heeh shik shak shok”) Dalam segi solo travel atau backpacker haji  memang sangatlah mudah ditemukan di indonesia, sehingga kisah-kisah unik orang yang melakukan perjalanan dengan destinasi utama ke tanah suci cukup familiar di  tayangkan di tv seperti pasutri  viral backpacker dengan motor, ada juga versi yang mengayuh sepeda atau yang paling wah dan shoknya yang pergi ala kadar fasilitasnya sampai hanya bermodalkan terpal kala wukuf di arafah. salut sekaligus takut juga kondisinya,  Mungkin hal inilah yang dikhawatirkan oleh kemenag dengan dalih kesehatan dan juga keamanan karna pernah juga ada kejadian yang di tipu (tapi kalau potensi ditipu gk mesti backpacker haji sih semua traveller berpeluang) oya untuk alasan lainnya yaitu menghindari imigran ilegal yang masuk menetap ke arab saudi, hmm memang hal ini belum khatam-khatam kalau dibahas. Tapi terlepas dari pro tidaknya haji mandiri versi demikian, yang tidak bisa dibantah ialah semangat para muslim yang sangat gigih memperjuangkan segala cara untuk bisa menginjakkan kaki di baitullah sangat luar biasa besarnya. Bahkan diluar negeri ada versi yang umrah dengan mendorong gerobaknya lagi . Masya Allah, hal ini tentunya membuat semakin menarik dan inspiratif dengan berbagai cara yang diusahakan layaknya haji backpacker atau umrah mandiri. Sehingga film-film sejenis ini cukup diminati terutama target mereka yang belum pernah sekalipun umrah dengan batasan cuan seperti SAYA wkwk .Begitupun film kali ini, sekalipun bukan dari kisah nyata tapi cukup menarik semangat untuk mengintip ka'bah secara langsung.
     Kembali ke judul. Film Le grand Voyage yang diadopsi dari bahasa prancis dengan makna  a great journey. Jadi film ini  menceritakan tentang  “Mohamed Majd seorang lelaki tua yang mempunyai keinginan melakukan haji dengan dengan cara yang berbeda dari orang kebanyakan orang umumnya. Mengadopsi hadis yang mengutamakan setiap langkah yang semakin jauh dalam perjuangan dalam meraih ridha Allah akan menambah lebih banyak pahala sehingga ia menarik anak laki-lakinya Reda (Nicolas Cazale) untuk menemaninya melakukan perjalanan haji melalui darat dengan bermodalkan sebuah mobil butut yang usang.   Hal ini pastinya mengalami banyak momen dramatis dimana semula sang anak Reda tidak mau akhirnya berangkat juga dengan kondisi setengah mengomel, drama berlalu meriah menemani perjalanan mereka mulai dari penipuan, mobil yang mogok hingga segala kondisi yang diluar praduga ini cukup membuat Reda semakin mengomel namun disinilah cerita yang menariknya. Hubungan mereka yang biasa tidak rukun menjadi karib ketika melakukan perjalanan bersama dalam waktu yang tidak singkat. Akhir cerita Redo pasti sangat menyesal jikalau tidak menuruti keinginan ayahnya untuk haji dengan mobil dan alasanya kaliah harus nonton sendiri film ini hehe. 

     Film ini terhitung sangat berhasil untuk film bertemakan islam yang diangkat dari benua biru. Apresiasi positif film ini bisa dilihat di IMDb yang laris. Maka tidak heran kalau film Ini mendapat banyak award mulai dari 4 penghargaan dan 3 nominasi seperti film terbaik dalam kategori bahasa asing ( bukan bahasa inggris ),  Aktor terbaik (Mohammad majd) dan masih banyak lainnya. Film terbitan tahun 2004 mengambil latar utama prancis dan juga beberapa negera berbeda lainnya yaitu Italia, Slovenia Kroasia Yugoslavia, bulgaria Turki Suriah hingga Yordania.  Film ini bukan sekedar menceritakan tentang keluarga yang tidak seidealis namun cuma menunjukan warna warni budaya dan visual negara-negara Asia hingga eropa tempo dulu dan ini cukup berkesan untuk di tonton saat ini. Dengan cerita  ringan film ini tidak akan membuat bosan sekalipun alur datar. 

. #traveller #haji #umrah #hajimandiri #backpacker #travel #muslim #review #muslim #muslima 
 


  


15 comments:

  1. masih aktif rupanya ni blog, walau kadang kadang hiatus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia aktif tapi nulis menyesuaikan mood 😅

      Delete
  2. Waaah belum nonton film ini. 😍. Nanti coba ah dicari . Aku juga sukaaa mba dengan tema perjalanan. Apalagi hobiku yg suka traveling, jadi nonton film ini malah bikin termotivasi utk trus travel.

    memang genre backpacker ga sesuai banget dengan style ku jalan2, tetep sih suka lihat orang yg berani traveling dengan konsep backpacker gini. Mungkin Krn tahu aku ga bakalan bisa begitu, jadi cukup dengan menonton orang yg bisa 😄

    ReplyDelete
  3. sepertinya cukup menarik ini mbaa film nya, apalgi berlatar belakang negara eropa tapi bertemakan islam kan masih jarang ya film bertema islam dr benua seberang hehe

    ReplyDelete
  4. Eeh nontonnya di aplikasi mana, Kak? Menariik ya. Betapa banyak yg ingin naik haji dan akhirnya backpackeran atau menempuh perjalanan darat demi bisa ke tanah suci. Bener2 salut. Ini based on true story?

    ReplyDelete
  5. Belom lama ini aku pernah juga lihat berita tentang WNI yang menuju Arab Saudi menggunakan sepeda. Luar biasa, perjalanannya berbulan-bulan dan masuk ke sana pas musim haji dan emang diniatkan untuk ibadah haji. Terus terang aku belom nonton film ini secara utuh. Beberapa kali tayang di TV tapi gak pernah tuntas karena terdistraksi kerjaan lain. Pas ini mendekati musim haji kayaknya bisalah aku nonton film ini.

    ReplyDelete
  6. Film ini dibuat dengan baik dan dibintangi dengan luar biasa. Ceritanya inspiratif dan menyentuh hati, dan temanya relevan dengan semua orang. Boleh banget merekomendasikan film ini kepada semua orang yang mencari film yang inspiratif dan mengharukan.

    ReplyDelete
  7. Wah menarik juga reviewnya
    Banyak kisah inspiratif dalam perjuangan menunaikan rukun Islam ke lima ini ya mbak

    ReplyDelete
  8. Pemerintah takutnya haji back packer di sana terlantar dan jadi gembel ya padahal ada juga yang gigih dan berhasil. Masya Allah, keren ya.

    ReplyDelete
  9. Nemu aja mba film bagus, aku jadi penasaran pengen nonton juga. Karena selama ini baru nonton Haji Backpacker itu pun sudah bikin mata nangis di beberapa part. Kebayang ini film Le grand Voyage berangkat dengan jalan kaki karena ingin mengejar ridho illahi, pasti alurnya sangat menarik dan kaya akan nilai-nilai nih.

    ReplyDelete
  10. aku seneng film yang bertema perjalanan kayak gini, cuman sekarang jarang nyari info film sejenis, jadi ketinggalan banyak juga
    Pengalaman nggak terlupakan pastinya kalau bisa umrah dengan cara yang ngga biasa, perjuangan banget buat sampe tanah suci
    Di indonesia kayaknya dulu pernah ada berita, ke tanah suci nggowes mbak, yaampunn bisa berbulan-bulan sampenya

    ReplyDelete
  11. Oalaaahh iyaa ini aku pernah nonton tapi udah lamaaaa banget...masih ketemu aja sih mba, hahaha. Seru beneran filmnya, dan haruu bikin mewek terutama kalau muslim pasti relate banget yaaa. Judulnya megah banget ya, Le Grand Voyage.. memang perjalanan agung naik haji tuh :')

    ReplyDelete
  12. penasaran dong sama filmnya pengen nonton langsung, dari ceritanya kayaknya alurnya menarik sekali, apalagi perjuangan seseorang untuk mendapatkan impian atau mimpinya biasanya film seperti ini syarat dengan menginspirasi

    ReplyDelete
  13. MashaAllaah yaa..
    Film mengenai tekad seorang muslim untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima ini patut di apresiasi. Karena sejatinya, manusia bisa memantaskan diri untuk ke Baitullah dengan doa dan usaha.
    Barakallahu fiik, reviewnya. Jadi pengen ikutan nonton Film Le grand Voyage.

    ReplyDelete
  14. Boleh ni dimasukin ke watchlist. Aku baru banget ada film benua biru ngangkat film tentang islam 'in a good ways', hehehe
    Btw haji backpacker kayaknya emang resiko juga ya. Berangkatnya ga mau ikutin aturan pemerintah, tapi kalo ada apa-apa pasti nanti minta tolong pemerintah juga.

    ReplyDelete