Intip Fakta unik awal tahu 2024 yang jarang diulik

 

  • Tahun kabisat

2024 ini menjadi salah satu tahun Unik yang menepati posisi langka dalam beberapa kasus yaitu selayaknya tahun kabisat, adalah kondisi di mana mempunyai penambahan satu hari yang menyesuaikan dengan tahun astronom pada tanggal 29 Februari. Menariknya lagi tahun ini hanya terjadi selama 4 tahun sekali jadi sekiranya kalian lahir pada tahun ini cukup menarik karena kalian mempunyai tanggal langka untuk diperingati. 

      Fakta lainnya sekiranya kalian lahir pada tanggal 29 Februari di Skotlandia maka kalian dianggap tidak beruntung, bahkan sekiranya tahun ini dianggap sangat tidak baik untuk mengembangkan ternaknya, di Yunani orang-orang menolak menikah pada tahun kabisat begitupun Italy mereka menganggap itu membawa nasib buruk, di Rusia tahun ini dipercaya membawa cuaca buruk, Cina Hongkong pun melihat ini tahun ini juga sebagai tahun sulit atau tahun kesialan berbisnis jika lahir tahun ini. Mungkin bayangan orang kalau misalnya lahir tahun ini kurang banyak apresiasi karena diingat 4 tahun sekali, bayangin yang lahir tanggal 29 Februari tiap tahun kasih hadiah buat orang tapi dapat hadiah untuk  diri sendiri 4 tahun sekali hmm kalau dipikir sad juga ya ) tapi terlepas dari berbagai stereotip negatif perihal para liper atau leaping ini, ada sebuah kota yang sangat menjunjung tinggi dan mengapresiasi mereka para leaper ini yaitu Anthony Texas yang berada di Amerika Serikat, kota ini dikenal sebagai ibukota kabisat dunia karena setiap tanggal 29 Februari digelar sebuah festival yang merayakan hari jadi para leaping atau mereka yg lahir pada tanggal ini. Sangat toleransi kesannya sama kayak hari kidal sedunia, mendapat  banyak diskriminasi dalam lingkungan sampai bangku kuliah nggak ada dispensasi untuk para kidal tapi mereka punya harinya sendiri hingga komunitasnya.Nah untuk mereka yang lahir pada tanggal 29 februari ini juga berlaku sama mereka mempunyai sebuah komunitas  beranggotakan orang kelahiran 29 Februari yang mana pertama kali dicetuskan pada tahun 1997. Komunitas ini dikenal dengan nama "HONOR SOCIETY OF LEAP YEAR DAY", bisa dikatakan komunitas ini adalah bentuk penghormatan kepada setiap bayi yang lahir pada tanggal 29 Februari. Yang mana mempunyai tanggal langka.


  • Kesamaan dengan tahun 1996

            Tahun 2024 kali ini juga cukup menarik karena mempunyai kesamaan kalender dengan tahun 1996 di mana tanggalnya persis sama, dilain kondisi tahun 2024 menjadi perhitungan awal yang dithitung tepat dimulai dari hari Minggu tanggal 1 dan ini cuma terjadi selama 28 tahun sekali dalam peredarannya.

  • Genap keruntuhan khilafah usmani 100 tahun.

            Tahun 2024 ini menjadi titik temu 100 tahun keruntuhan khilafah Utsmani yang mana terjadi pada tanggal 1924. Tahun ini mungkin bagi beberapa orang menjadi tahun kesedihan dan pihak lain menjadi tahun pembebasan bagi tim pro terhadap Mustafa Kemal yang mengumumkan berdirinya Republik Turki dan menyapu bersih semua peninggalan khalifah Turki Usmani seperti pemutusan semua hal yang berhubungan dengan Islam dari Turki,  bahasa Arab, penghapusan khalifah Islam untuk selama-lamanya. Serta perombakan Sistem pemerintahan ke arah sekuler yang mulai diberlakukan dan segala komponen-komponen yang berkiblat ke arah barat. 


  • Tahun mujaddid


            Tahun mujaddid adalah tahun yang dipercaya oleh umat Islam sebagai tahun pembawa pembaharuan, sebagaimana tercantum dalam hadis nabi yang mana yang berbunyi

"Sesungguhnya Allah mengutus kepada umat Islam setiap 100 tahun, seseorang yang memperbarui untuk mereka ajaran agama mereka" hadits riwayat Abu Daud.


Setelah keruntuhan Turki atau khalifah Usmani pada kasus ini adalah masa bangkitnya yang mana jika merujuk pada hadis tersebut akan ada seseorang yang membawa pembaharuan entah dari negara Arab atau di bagian bumi manapun, di mana konsep di sini tidak disebutkan apakah seorang khalifah karena seorang mujahid adalah orang yang memperbaiki kerusakan dalam urusan atau praktik ajaran agama Islam seperti contohnya imam Syafi'i. jadi enggak mesti seorang Khalifah untuk memenuhi karakteristik tahun mujaddid bisa jadi imam Mahdi eh atau yang lebih sederhana seperti para tokoh yang pernah kita dengar layaknya ibnu Hajar, an-nawawi orang-orang yang bersifat meluruskan kembali konsep ajaran agama yang sudah menyeleweng jauh saat ini.


  • Tahun pemilu

Terlepas dari 3 hal tersebut ada lagi yang menarik dari tahun ini, yaps posisi yang bersamaan dengan pesta demokrasi yang sangat meriah.. Nyatanya tahun ini bakal jadi pemilu yang sangat hidup ketimbang sebelumnya terlepas dari pihak mana pilihan kalian, orang sudah mulai menunjukan antusiasnya dalam pesta demokrasi kali ini, yang mana sudah memenuhi tagar di sosial media entah nazar hingga tuntutan dari para netizen di twitter.  Selayaknya kalau menang si A bakal kasih umrah 5 orang random, wakaf tanah untuk masjid, buat kelas ielts gratis untuk 30 orang,bagi paket sembako,  bayarin naik gunung merbabu 3 orang, 1000 nasi kotak free selama sebulan tiap jumat, kuliahin sekolah anak kurang mampu  hingga jadi pemain bola profesional sampai ke tahap free dental care kuda pun jadi pokoknya meriah banget pemilu tahun 2024 ini dah. Terlepas dari siapapun pilihan kalian, tahun 2024 ini kita akan mencetak sejarah baru terhadap antusias para masyarakat dalam politik semakin naik kelas walau tetap banyak kecurangan tapi tahun ini keseruan pesta demokrasinya benar-benar terasa berwarna sekali terutama memenya yang bertebaran hihi. Btw Tahun 2024 ini apa resolusi kalian ni..


#happynewyear #2034 #tahunkabisat #tahunmujaddid #pemilu #leaping

No comments:

Post a Comment